Dugaan Plagiasi

Ini Alasan Rektor Unnes Adukan Ketua Senat UGM ke Komnas HAM

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 11:55 WIB
Fathur Rokhman. (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang - Rektor Unnes, Fathur Rokhman mengadukan Ketua Senat UGM Ke Komnas HAM, terkait pemeriksaan dugaan kasus plagiasi disertasi. Menurutnya, hal itu untuk meluruskan isu dan menjaga marwah Almamaternya.

Fathur mengakui telah mendatangi kantor Komnas HAM hari Jumat (13/12) pekan lalu dan ditemui Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik. Aduan yaitu tentang pemanggilan terkait isu plagiarisme yang diterimanya dinilai tidak sesuai dengan prosedur hukum yang dilakukan Hardyanto Soebono selaku Ketua Senat UGM.

"Pemanggilan pertama, saya sudah izin karena memimpin upacara Sumpah Pemuda dan meminta tenggat waktu. Itu akan dipanggil sebagai saksi. Kemudian saat saya datang sudah menjadi terperiksa dan saya diadili," kata Fathur, Kamis (19/12/2019).


Ia juga menyebut isu plagiasi yang menimpanya sebenarnya sudah clear lewat prosedur yang sesuai bahkan Menteriristekdikti kala itu yaitu M Nasir sudah menyampakkan statement tidak ada plagiasi yang dilakukan Fathur.

"Saya menyampaikan ke Ketua Komnas HAM Pak Ahmad Taufan Damanik, bahwa saya mendapat perlakuan tidak adil maka saya akan mengadukan ini utk mendapat keadilan, karena saya memang tidak melakukan apa yang dituduhkan yaitu tentang fitnah plagiasi tersebut," jelas Fathur.


"Akibatnya banyak info pemberitaan yang menyudutkan saya maka saya harus meluruskan dan wajib menghentikan perbuatan zalim yang merugikan saya tersebut," lanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2