detikNews
Senin 02 Desember 2019, 16:50 WIB

2 Pelajar Pelaku Klitih di Yogya Bergabung Geng Kekerasan

Usman Hadi - detikNews
2 Pelajar Pelaku Klitih di Yogya Bergabung Geng Kekerasan Pedang yang dipakai pelaku klitih untuk membacok korban. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - RK (15) dan RD (14), pelajar yang melakukan klitih atau kekerasan di jalanan menggunakan sebilah pedang di Jalan Ireda Yogyakarta diketahui tergabung dalam sebuah geng.

"Iya memang (kedua pelaku memiliki) kelompok, cuma mereka belum membuka diri," kata Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, saat dihubungi wartawan, Senin (2/12/2019).

Kini polisi telah menetapkan RK dan RD sebagai anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Sementara 10 orang rekannya yang tergabung di geng yang sama hanya dijadikan saksi oleh polisi.

"Yang 10 akan dilakukan pembinaan, pendalaman dan profiling oleh Sat Binmas Polresta. Supaya tidak ikut dalam sebuah kelompok rombongan seperti kemarin-kemarin," paparnya.


"Jadi (saksi) bukan kita lepas, tapi dibina satu-dua minggu untuk profiling, pendataan, pembinaan agama, mental supaya tidak mengikuti geng-geng lagi atau kelompok-kelompok," lanjutnya.

RK (15) dan RD (14) memang tidak beraksi berdua. Mereka bersama rekan-rekanya berjumlah 12 orang turut mengejar korban, Mohammad (18), saat bertemu di Jalan Brigjen Katamso, Minggu (1/12) dini hari.

Namun saat mengejar korban rombongan pelaku sempat terpisah. RK dan RD mengejar korban hingga ke Jalan Ireda lalu melakukan pembacokan, lainnya tetap melaju di Jalan Katamso.


Sementara akibat kejadian itu korban mengalami luka bacok cukup serius di pergelangan tangan kiri sekitar sepuluh sentimeter. Korban juga diharuskan menjalani operasi di RS Sardjito.

"Kita masih dalami keterlibatan (kedua pelaku) dengan TKP-TKP (klitih) lainnya yang di wilayah Yogyakarta. Untuk jelasnya baru kita fix-kan kejadian yang malam kemarin," pungkas Sutikno.
(ush/mbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com