detikNews
2019/10/02 14:12:13 WIB

Sudah Ada! Desa di Wonosobo Ini, Ayam Rusak Tanaman Kena Denda

Uje Hartono - detikNews
Halaman 1 dari 3
Sudah Ada! Desa di Wonosobo Ini, Ayam Rusak Tanaman Kena Denda Desa Ngadisono, Kecamatan Kaliwiro, Wonosobo menerapkan Perdes tentang Kelestarian Hewan dan Pengandangan Unggas. Foto: Istimewa
Wonosobo - Aturan soal hewan peliharaan dalam RUU KUHP masih menuai polemik. Namun rupanya regulasi hewan peliharaan tersebut sudah berjalan di salah satu desa di Kabupaten Wonosobo.

Yakni Desa Ngadisono, Kecamatan Kaliwiro yang telah menerapkan Peraturan Desa (Perdes) tentang Kelestarian Hewan dan Pengandangan Unggas. Perdes ini sudah mulai berjalan sejak Agustus 2019.

Dalam perdes disebutkan setiap warga Desa Ngadisono yang mempunyai atau memelihara hewan ternak wajib dikandang. Seperti ayam, itik, bebek, burung, kambing, sapi, anjing dan hewan ternak lainnya.

"Di sini banyak yang mempunyai hewan peliharaan. Rata-rata warga memelihara ayam," kata Kepala Desa Ngadisono, Sunaryo, saat ditemui di kantornya, Rabu (2/10/2019).

Selain itu jika hewan peliharaan sampai merusak tanaman di pekarangan orang lain, maka pemilik hewan tersebut harus mengganti rugi kerusakan. Besarannya sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Selain banyak yang memelihara ayam, di Desa Ngadisono juga sebagian besar petani. Banyak yang menanam sayuran seperti tomat, sayuran bayam dan lainnya. Jadi nanti kalau ada ayam yang merusak tanaman, pemiliknya harus mengganti rugi," jelasnya.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com