Bandara YIA Dibuka, Yogya Bakal Punya Dua Kantor Imigrasi

Ristu Hanafi - detikNews
Sabtu, 11 Mei 2019 17:07 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Kantor Imigrasi Yogyakarta berencana membuka kantor baru di Kabupaten Kulon Progo. Kantor tersebut nantinya sebagai penunjang operasional Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

"Kita baru proses, kita usulkan di sana ada kantor satker Imigrasi baru," kata Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono kepada wartawan di kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Sabtu (11/5/2019).

Saat ini Bandara YIA sudah dibuka untuk umum. Namun selama operasional awal ini, YIA baru melayani rute domestik. Sedangkan pembukaan rute internasional menyusul sekitar dua bulan mendatang.

"Imigrasi udah mempersiapkan diri, ada 5 konter untuk masuk dan keluar (penumpang rute internasional). Nanti setelah operasional internasional, sudah disiapkan petugas untuk aktif di bandara baru YIA. Kemarin juga sudah melaksanakan simulasi," jelasnya.

Krismono kembali menyebutkan pihaknya telah mengusulkan pendirian kantor Imigrasi baru di Kulon Progo. Sedangkan untuk kantor lama yang berada di kompleks Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta akan tetap difungsikan.

"Jadi nanti ada dua kantor Imigrasi, di YIA dan Adisutjipto," imbuhnya.
(bgk/bgs)