DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 16:13 WIB

Pemasangan Terpal di Bangunan Calon Makam HB X Dilanjutkan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Pemasangan Terpal di Bangunan Calon Makam HB X Dilanjutkan Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Pemasangan 220 terpal di lokasi kompleks makam raja-raja Mataram Imogiri terus berlanjut. Saat ini, sebagian bangunan calon makam Sri Sultan HB X telah dipasangi terpal.

Pantauan detikcom di kompleks makam raja-raja Mataram Imogiri, tepatnya di lokasi longsoran pukul 14.30 WIB, tampak bangunan bagian depan calon makam Sri Sultan HB X telah dipasangi terpal berwarna silver. Selain itu, tampak beberapa orang dari BPBD DIY sedang melanjutkan pemasangan terpal.

"Yang jelas (bagian) paling atas selesai hari ini, tadi sudah dilakukan pemasangan 56 terpal untuk bagian atas," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana kepada detikcom, Jumat (22/3/2019).
Pemasangan Terpal di Bangunan Calon Makam HB X DilanjutkanFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Kalau terpal yang akan dipasang semuanya berjumlah 220 (terpal)," imbuh Biwara.

Biwara melanjutkan, setelah selesai pemasangan terpal pada bagian atas bangunan calon makam Sri Sultan HB X, maka pemasangan terpal dilanjutkan pada bagian tengah dan bawah yang ambrol akibat hujan deras Minggu (17/3/2019) lalu. Luasan yang akan ditutupi terpal mencapai 4.000 meter persegi.

"Memang pemasangan terpal mulai dari atas dulu, karena bagian atas itu perlu diamankan untuk mencegah air hujan masuk ke tanah di sekitar bangunan (calon makam HB X). Karena kalau hujan deras lagi bukan tidak mungkin ada longsor susulan," ucapnya.

"Setelah (bagian) atas selesai baru nanti diikuti sebagian tanah (yang ambrol) yang ada di depan (bangunan) makam," sambung Biwara.
Pemasangan Terpal di Bangunan Calon Makam HB X DilanjutkanFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Biwara menambahkan, bahwa pemasangan terpal ditargetkan rampung dalam 3 hari. Namun, diakui Biwara bahwa pemasangan terpal itu kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 3 hari.

"Target pemasangan (terpal) 3 hari, tapi ya kita lihat perkembangan cuaca juga. Selain itu saat pemasangan juga ditemukan beberapa kendala seperti sulitnya medan, kadang mesin jahit (terpal) rusak kan harus disesuaikan dulu," katanya.

"Karena itu sistem pemasangan terpal ini dilakukan dengan sistem pararel, jadi satu tim masang, satu tim menjahit (terpal) lagi, karena menjahit terpal dengan jumlah banyak itu tidak mudah," pungkasnya.



Simak Juga 'Potret Kerusakan Makam Raja-raja Mataram di Imogiri Akibat Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed