DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 15:33 WIB

Bawaslu Panggil Ganjar soal Deklarasi Kepala Daerah Dukung Jokowi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Bawaslu Panggil Ganjar soal Deklarasi Kepala Daerah Dukung Jokowi Ganjar Pranowo (Foto: Indra Komara/detikcom)
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akan dimintai keterangan oleh Bawaslu Jateng terkait deklarasi dukungan para kepala daerah di Jateng kepada Jokowi-Ma'ruf yang digagas olehnya.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat panggilan hari Selasa (12/2) kemarin kepada Ganjar. Dijadwalkan Ganjar datang hari Senin (18/2) pekan depan.

"Surat sudah kami kirim kemarin Selasa untuk datang minggu depan. Kami berikan alokasi waktu panjang untuk Pak Gubernur mempersiapkan karena beliau punya agenda kerja yang padat," kata Ana, Rabu (13/2/2019).


Kepala daerah yang hadir dalam acara deklarasi dukungan yang digelar di Hotel Alila Solo 26 Januari 2019 juga diperiksa oleh Bawaslu masing-masing. Nantinya hasil keterangan akan dikaji dan dirapatkan bersama Gakkumdu.

"Hasil akan dirapatkan ke Gakkumdu dari unsur Polda dan Kejati, apa yang akan jadi titik kesimpulan," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam deklarasi itu hadir kepala daerah dari 27 daerah dari 31 yang mendukung. Bupati Sragen, Bupati Kendal, Wali Kota Tegal dan Wali Kota Salatiga tidak diundang karena bukan pendukung pasangan calon nomor urut 01. Acara itu merupakan inisiatif Ganjar.


Ana menjelaskan klarifikasi dilakukan menanggapi adanya laporan dari pihak Prabowo-Sandi terkait dugaan penggunaan fasilitas negara, izin cuti, dan menguntungkan pihak tertentu.

"Menurut UU No 7 Tahun 2017, kepala daerah dari parpol punya hak kampanye. Syaratnya ketika kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas pemerintah, harus kantongi izin cuti," jelas Ana.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed