DetikNews
Kamis 16 November 2017, 07:36 WIB

Soal Perlintasan KA Janti Yogya, Kemenhub: Pemotor Boleh Lewat

Sukma Indah Permana - detikNews
Soal Perlintasan KA Janti Yogya, Kemenhub: Pemotor Boleh Lewat Perlintasan KA di bawah Flyover Janti yang ditutup. Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Penutupan perlintasan sebidang di bawah Flyover Janti Yogyakarta diprotes warga. Kemenhub menyampaikan pengendara motor nanti akan diperbolehkan melaluinya dengan satu catatan. Apa itu?

"Intinya penutupan perlintasan tetap berlanjut. Namun dibuka kemungkinan untuk memberi akses atau mengizinkan sepeda motor untuk melintas," ujar Direktur Sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Edi Nursalam, dalam pesan tertulisnya kepada detikcom, Kamis (16/11/2017).

"Namun apabila diinginkan masyarakat, dan Dishub siap menyediakan portal, sekaligus menyediakan penjaga untuk mengoperasionalkan portal untuk sepeda motor tersebut selama 24 jam," urainya.


Hal ini, kata Edi, bisa dilakukan hingga Pemda DIY menyediakan fasilitas berupa underpass untuk sepeda motor, sepeda dan pejalan kaki.

"Pemotor boleh lewat sampai Pemda bangun underpass kecil untuk motor, sepeda dan pejalan kaki," kata Edi.

"Untuk penyediaan fasilitas tersebut, Dishub akan melakukan kajian," jelasnya.



Edi bercerita keputusan ini diambil setelah pertemuan antara Kemenhub RI, PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Dishub DIY, dan Komisi C DPRD DIY di kantornya.

"Membahas permasalahan perlintasan sebidang sekaligus surat Gubernur DIY kepada Menhub," kata Edi.
(sip/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed