DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:33 WIB

Teten Masduki Jamin Nelayan Cantrang Tegal Segera Kantongi Izin

Imam Suripto - detikNews
Teten Masduki Jamin Nelayan Cantrang Tegal Segera Kantongi Izin Nelayan pengguna jaring cantrang. (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Tegal - Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, menjamin nelayan cantrang segera mengantongi Surat Layak Operasi (SLO) sehingga bisa kembali melaut. Jaminan kemudahan ini merupakan kebijakan Presiden RI yang memperpanjang izin melaut bagi nelayan cantrang hingga akhir tahun ini.

"Intinya mereka sudah bisa melaut dalam waktu dekat ini," kata Teten saat berkunjung ke Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Senin (1707/2017).

Menurut Teten, SLO saat ini masih menjadi kendala sehingga nelayan belum melaut. Namun demikian, dia mengungkapkan dalam waktu satu hingga dua hari ini nelayan cantrang bisa mengantongi izin tersebut.

Bahkan Teten sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja, yang juga hadir dalam kunjungan itu agar bisa merealisasikan rencana tersebut.

Dengan dikeluarkannya SLO tersebut, Teten menjamin nelayan akan lebih aman melaut. Selain itu, tidak ada lagi razia dari aparat baik dari kepolisian air (polair) maupun dari TNI AL, karena semua sudah menyepakatinya.

Baca juga: Nelayan Tegal Pengguna Cantrang Masih Tunggu Kepastian Aturan


Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sjarief Widjaja, menegaskan, persoalan perizinan ini akan diselesaikan melalui gerai perizinan. Gerai tersebut merupakan integrasi pelayanan yang terdiri dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP).

kebijakan itu, kata Sjarief, bukan karena ada desakan dari nelayan yang pada akhir pekan lalu yang sempat menyegel kantor PSDKP Tegal.

"Kita kerja buat rakyat, kami ingin mereka kembali kerja di laut. Sehingga kehidupan mereka akan berjalan kembali, perizinan yang selama ini menjadi kendala kita selesaikan," pungkasnya.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed