Satu Warga Pandeglang Probable Omicron, Dinkes Tunggu Hasil WGS

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 09:19 WIB
Kasus Omicron di Indonesia Capai 1.626, Ini Kata Menkes
Ilustrasi Omicron (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Pandeglang -

Kasus probable COVID-19 varian Omicron di Banten telah mencapai 108 orang yang salah satunya dialami warga Pandeglang. Dinkes pun membenarkan hal itu dan warga tersebut kini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Ya, benar. Ada satu warga yang probabel di Pandeglang dan sekarang sedang isolasi mandiri di rumahnya," kata Kadinkes Pandeglang Raden Dewi Setiani kepada detikcom via telepon, Rabu (26/1/2022).

Dari riwayatnya, warga tersebut awalnya dilaporkan mengeluh karena mengalami demam, muntah-muntah hingga nafsu makan berkurang. Warga ini pun lalu dibawa ke RS Drajat Prawiranegara Serang untuk dirawat lebih lanjut pada tanggal 17 Januari 2021.

Saat dilakukan tes swab antigen, warga ini dinyatakan positif Corona. Dia akhirnya harus menjalani perawatan lebih lanjut di rumah sakit.

"Berdasarkan penelusuran kami, yang bersangkutan ini diketahui belum pernah divaksin COVID-19 saat dinyatakan hasil swabnya positif," ungkapnya.

Seharian dirawat, warga tersebut lalu pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Pandeglang pada tanggal 19 Januari 2021. Dia pun masih dalam pemantauan Dinkes setelah dinyatakan probable COVID-19 varian Omicron.

Kini, Dewi menyatakan Dinkes Pandeglang masih menunggu pemeriksaan laboratorium whole genome sequencing (WGS). Pemeriksaan itu dilakukan untuk menentukan warga tersebut positif atau tidak terjangkit COVID-19 varian Omicron.

"Kami sedang mengunggu hasil WGS untuk menentukan apakah dia bener positif omicron atau bukan. Tapi harapan kami, semoga ini bukan Omicron," pungkasnya.

Sebelumnya, Dinkes Banten menyebut kasus probable COVID-19 varian Omicron telah mencapai 108 orang. Kasusnya tersebar di seluruh kabupaten/kota mulai dari Tanggerang Raya hingga Pandeglang.

"Di Banten itu kalau probable sekitar 108 tersebar di 8 kabupaten kota, itu seluruhnya sudah ada," kata Kadinkes Ati Pramudji Hastuti.

Di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kota Serang dia menyebut ada 3 kasus, Kabupaten Serang 5 kasus, Kabupaten Tangerang 15 kasus, Kota Tangerang ada 40 kasus dan Tangerang Selatan 37 kasus. Untuk memastikan bahwa pasien positif Omicron, menurutnya harus melewati tiga kali uji laboratorium.

Sedangkan yang sudah terkonfirmasi Omicron jumlahnya adalah 21 kasus. 5 di Kota Tangerang, dan 16 di Tangerang Selatan.

"Probable Omicron kalau diperiksa selanjutnya sekitar 90 persen ke atas (positif Omicron)," pungkasnya.

(yum/bbn)