ADVERTISEMENT

Pengurus PKS Sumedang Kenang Sosok Mendiang Wali Kota Bandung Oded

Nur Azis - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:53 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: dok.detikcom)
Sumedang -

Kabar meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M Danial membawa duka yang mendalam bagi keluarga Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumedang. Salah satunya diungkapkan pengurus PKS yang saat ini menjabat anggota DPRD Komisi III Sumedang Rahmat Juliadi.

Sekadar diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia saat akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021). Oded meninggal karena sakit jantung.

Rahmat Juliadi yang cukup dekat dengan almarhum mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya Walikota Bandung Oded M Danial atau yang akrab disapa Mang Oded.

"Saya cukup dekat dengan beliau (Mang Oded) lantaran sebelum ke Sumedang saya pernah mengaji ke beliau. Saya sangat kaget dan bersedih sekali. Semoga beliau husnulkhatimah, apalagi meninggalnya beliau di tempat baik," ucap Rahmat saat ini juga menjabat Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah PKS Sumedang.

Menurut Rahmat, Oded dari sejak menjabat anggota DPRD Bandung hingga menjadi wali kota Bandung merupakan sosok yang sangat sederhana dan rendah hati.

"Dulu sebagai anggota dewan, rumahnya itu berada di gang sempit yang orang tidak percaya dia sebagai anggota dewan. Saya ingat dia itu selalu hormat dan murah senyum kepada siapa pun. Saat dia jadi wali kota pun tidak ada yang berubah," tutur Rahmat.

Rahmat mengingat saat dirinya sempat belajar mengaji kepada Oded pada 1998 atau saat sama-sama tinggal di Kota Bandung . Kemudian, lanjut Rahmat, pada 2004 Oded menjabat DPRD Kota Bandung, sementara Rahmat menjabat anggota di DPRD Sumedang.

"Beliau dulu ketua PKS Kota Bandung dan saya dulu tinggal di Bandung dan anggota PKS Kota Bandung sebelum saya dapat tugas ke Sumedang," ucapnya.

Rahmat masih ingat momen pada saat dirinya dan Oded saat bersama-sama menjalankan iktikaf setiap ramadhan di Masjid Habiburahman Bandung.

"Di masjid itu tidak memperlihatkan sebagai wali kota. Beliau berbaur dengan masyarakat lainnya, sama-sama tidur di karpet, tidak pakai protokoler," kata Rahmat mengenang.

Rahmat secara pribadi serta mewakili seluruh kader PKS di Sumedang merasa kehilangan atas meninggalnya Oded. Ia pun mendoakan semoga Oded husnulkhatimah.

"Keluarga PKS sangat berduka karena beliau merupakan salah satu kader terbaik PKS," tutur Rahmat.

(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT