5 Tahun Bersama Bangun Bandung, RK Bersaksi Walkot Oded Orang Saleh

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 14:53 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial (Dokumentasi humas).
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersaksi atas kesalehan Oded.

"Kami 5 tahun bersama dalam suka duka membangun Bandung, sungguh saya bersaksi atas kesalehan dan kemuliaan akhlak almarhum. Teladan kami semua," kata pria yang akrab disapa Kang Emil dalam unggahan di Instagram pribadinya, Jumat (10/12/2021).

Oded meninggal dunia saat hendak menunaikan ibadah salat Jumat. Dia meninggal di Masjid Mujahidin Muhammadiyah. Dia datang ke masjid itu untuk menjadi penceramah.

Ridwan Kamil dan Oded sendiri pernah berkolaborasi bersama. Saat itu, Ridwan Kamil menjadi Wali Kota Bandung dan Oded menjadi wakilnya.

Saat pilkada terakhir, Ridwan Kamil maju sebagai Gubernur Jabar. Sedangkan Oded maju sebagai wali kota Bandung. Oded saat itu maju berdampingan dengan Yana Mulyana.

Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia saat akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021). Oded meninggal karena sakit jantung.

Berikut profil singkat Mang Oded sapaan akrab Oded yang dihimpun dari humas.bandung.go.id, Jumat (10/12/2021). Mang Oded lahir di Tasikmalaya, 15 November 1962, dan mengenyam pendidikan terakhir S1 Administrasi Publik di Universitas Pasundan, Kota Bandung. Karier politik Oded di Kota Bandung sudah berlangsung lama dimulai dari menjabat sebagai Ketua Fraksi DPRD Kota Bandung periode 2004-2009.

Periode selanjutnya, Oded kembali dipercaya duduk di kursi legislatif sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung 2009-2013. Dalam periode, Oded juga menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Berbekal pengalamannya di legislatif, Oded memenangkan Pilwalkot Bandung berpasangan dengan Ridwan Kamil. Oded mendampingi Ridwan Kamil sebagai Wakil Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Kemudian, Oded melanjutkan langkahnya sebagai wali kota Bandung periode 2018-2023. Namun, belum sempat menuntaskan periode kepemimpinannya, Oded meninggal dunia.

(dir/mso)