TPA Sarimukti Krisis BBM, Sampah di Bandung Mulai Menumpuk!

ADVERTISEMENT

TPA Sarimukti Krisis BBM, Sampah di Bandung Mulai Menumpuk!

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 14:29 WIB
Sampah di Bandung Menumpuk
Sampah di TPS Bandung mulai menumpuk. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Pengelola di sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) di Kota Bandung khawatir terjadi penumpukan sampah, imbas terganggunya layanan di TPA Sarimukti akibat krisis pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk operasional alat berat.

Salah seorang pengelola TPS Ciroyom, Tanto, khawatir terjadi penumpukan sampah bila dalam dua hari ke depan tak ada pengangkutan sampah. Pasalnya, TPS Ciroyom sehari-harinya menampung sampah dari pasar dan juga warga sekitar.

"Ini juga ada penumpukan karena yang dari Rajawali penuh, jadi dibuang ke sini dengan mobil. Segini masih ada lahan, tapi kalau dua hari ke depan tidak diangkut takutnya tidak tertampung lagi," ujar Tanto saat ditemui detikcom, Minggu (7/11/2021).

Sejumlah petugas kebersihan dalam lingkup RW atau kelurahan pun diminta untuk mengurangi jumlah sampah yang dibawa. "Kalau bisa diturunkan ya sampahnya ya bisa, tapi kalau misal tidak bisa diturunkan karena terlalu banyak yang mau tidak mau diambil lagi," ujar Tanto.

Biasanya, ujar Tanto, dalam sehari ada empat kali pengangkutan sampah dengan menggunakan truk tronton. Namun, dalam dua hari terakhir tak ada pengangkutan yang dilakukan.

Pantauan detikcom, tumpukan sampah telah memenuhi hampir tiga perempat lahan TPS Ciroyom. Hujan yang mengguyur pun membuat suasana di TPS menjadi semakin tak sedap dipandang mata.

"Harapannya sih cepat beres ya, agar sampah bisa terangkut. Masyarakat kadang suka buang sampah ke selokan kalau telat diambil sampahnya. Kalau gini mah inginnya cepat-cepat beres di Sarimuktinya agar normal lagi, apalagi kalau di pasar ya mau tidak mau harus diambil karena kan dipakai untuk dagang," ujarnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT