Jabar Hari Ini: Sinyal Ridwan Kamil Gabung Parpol-Preman Mabuk Lukai Anggota TNI

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 20:44 WIB
Ridwan Kamil hadiahi dua pantun untuk Khofifah
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Beragam berita berlangsung di Jabar hari ini, Jumat (8/10/2021). Mulai pernyataan Ridwan Kamil yang siap gabung partai politik (parpol) hingga kasus preman mabuk melukai anggota TNI.

Ridwan Kamil Siap Gabung Parpol

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap bergabung dengan partai politik. Rencananya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengumumkan keputusannya pada pertengahan 2022.

"Saya masih istikharah, terus terang kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga. Partai mana? Mungkin di 2022 akan saya sampaikan. Istikharah mana yang pas dulu," ucap Emil saat berbincang dengan detikcom di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (8/10/2021).

Sekadar diketahui, Kang Emil masuk ke bursa Pilwalkot Bandung dan Pilgub Jabar melalui jalur non-partai. Kendati begitu, ia mendapatkan sokongan dari sejumlah partai pengusung dan pendukung di dua pesta demokrasi tersebut.

Jelang Pilpres 2024, muncul berbagai survei yang memunculkan nama Kang Emil sebagai salah satu kandidat calon presiden. Meski begitu, sejumlah pengamat politik beropini jika langkah Kang Emil bakal berat bila melaju ke 2024 tanpa mengendarai mesin partai.

Ia pun dalam berbagai kesempatan menemui sejumlah ketua umum partai politik, pertemuan mereka menimbulkan beragam opini publik. Teranyar adalah pertemuan Emil dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Nusa Dua, Bali.

"Saya kan prinsipnya dalam politik prinsipnya harus menjaga hubungan baik ke semua pihak. Saya bertemu dengan pak AHY, pak Airlangga hampir semua ketua partai juga pernah silaturahmi. Kemarin PAN mengundang di Bali, minggu depan diundang PPP di Semarang, intinya saya menghormati undangan. Memang tak bisa dihindari ya kalau acara politik, partai politik, selalu ada pertanyaan yang mengarah ke 2024 (Pilpres)," tutur Emil.