Saksi Kasus Bansos KBB, Alda 'The Changcuters' Dicecar soal Sembako

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 16:50 WIB
Gitaris The Changcuters Arlanda Ghazali Langitan atau Alda menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan barang COVID-19 di Bandung Barat. Alda dicecar soal pengadaan sembako.
Gitaris 'The Changcuters', Arlanda Ghazali Langitan atau Alda, menjalani sidang sebagai saksi kasus korupsi bansos Kabupaten Bandung Barat. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Gitaris 'The Changcuters', Arlanda Ghazali Langitan atau Alda, menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan barang COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Alda dicecar soal pengadaan sembako.

Alda diperiksa sebagai saksi untuk terdakwa Andri Wibawa di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (29/9/2021). Dalam kesaksiannya, Alda menceritakan awal mula terlibat dalam pusaran kasus itu.

Alda menyebut dalam perkara ini dia diminta ibu mertuanya untuk melakukan koordinasi pengadaan sembako untuk bansos di KBB. Kebetulan, mertua Alda memiliki usaha grosir sembako.

"Diminta ibu mertua karena bergerak di pengadaan sembako," ucap Alda saat ditanya jaksa KPK soal awal keterlibatan di proyek bansos tersebut.

Dia mengaku awalnya tidak mengenal secara langsung dengan Andri Wibawa. Namun di suatu waktu, kata dia, Andri pernah datang ke gudang sembako di Cimareme dan dia dikenalkan dengan Andri oleh Hardi.

Hardi pernah datang ke ibu mertua Alda untuk menanyakan soal barang untuk bansos salah satunya beras. "Jadi Hardi datang ke ibu mertua minta contoh beras untuk pengadaan bansos COVID-19. Dan setelah deal, baru ke saya," kata Alda.