Karawang Zona Kuning, Ribuan Siswa SMP Divaksinasi Massal

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 14:38 WIB
Vaksinasi Siswa Karawang
Vaksinasi Siswa SMP di Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Satgas COVID-19 memastikan Karawang masuk zona kuning atau daerah yang memiliki risiko rendah penyebaran COVID-19. Jubir Satgas COVID-19 Karawang Fitra Hergyana mengungkapkan adanya peningkatan kesembuhan, juga penurunan angka positif, menjadi faktor Karawang masuk ke zona kuning.

"Alhamdulillah, saat ini angka kesembuhan di Karawang mencapai 95,25 persen, dan positif rate-nya terus menurun sejak sepekan kemarin, hingga Satgas COVID-19 provinsi menetapkan Karawang ke zona kuning," kata Fitra, Sabtu (28/8/2021).

Sementara itu, ribuan siswa SMP di Karawang menjalani vaksinasi COVID-19. Vaksinasi massal ini digelar Kodim 0604 Karawang bekerja sama dengan Pemkab dan Polres Karawang.

Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo mengungkapkan ada tiga sekolah hari ini mengadakan vaksinasi. "Ada tiga tempat hari ini yang menjadi serbuan vaksinasi COVID-19 untuk siswa SMP, dengan jumlah 1.000 kuota vaksin," kata Medi di SMP Negeri 1 Karawang Barat.

Vaksinasi Siswa KarawangVaksinasi Siswa SMP di Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

Para penerima vaksin itu terdiri 500 siswa di SMPN 1 Karawang Barat, 250 siswa di SMPN 8 Karawang Barat dan 250 siswa di SMPN 1 Cikampek. Untuk saat ini, jumlah siswa SMP yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 mencapai 51 ribu siswa dari sasaran 85 ribu siswa yang tersebar di 120 SMP asal Karawang.

"Atau sebanyak 60,7 persen yang sudah divaksinasi untuk siswa SMP," kata Medi sambil menambahkan program serbuan vaksinasi ini sebagai salah satu upaya mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok di Karawang.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menjelaskan tak hanya siswa SMP yang mendapatkan vaksin COVID-19 hari ini. Pemkab Karawang pun hari ini membuka sembilan sentra vaksinasi khusus remaja dari usia 12 tahun hingga 18 tahun.

"Sasaran untuk vaksinasi remaja pada hari ini saja itu ada 16.000 remaja," katanya.

Selain itu, Pemkab Karawang bakal melanjutkan program vaksinasi keluarga, dengan target 100.000 per minggu. "Nanti hari Selasa, kita akan melanjutkan program vaksinasi keluarga, dengan target sasaran 100 ribu orang per minggu," tutur Cellica.

(bbn/bbn)