Siswa SMP di Ciamis Divaksinasi Jelang Belajar Tatap Muka

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 13:49 WIB
Vaksinasi Siswa SMP di Ciamis
Siswa SMP di Ciamis divaksinasi. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebanyak 8 SMP Negeri di Kabupaten Ciamis melaksanakan vaksinasi serentak jelang pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM). Target siswa yang divaksinasi sebanyak 3.700 orang.

"Vaksinasi siswa ini merupakan bagian program pemerintah untuk percepatan vaksinasi. Ini juga sebagai bentuk persiapan PTM pada Senin depan," kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Sabtu (28/8/2021).

Yana menegaskan Pemkab Ciamis mempersiapkan secara matang saat memutuskan PTM di sekolah. Para guru pun harus divaksinasi sebelum pelaksanaan belajar tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

"Kita juga akan upayakan semua siswa usia 12 tahun SMP, ke atas divaksinasi, tapi bertahap. Sedangkan untuk SMA memang itu kewenangan provinsi. Untuk siswa SD yang sudah berusia 12 tahun memang kita akan siasati supaya bisa divaksinasi," ujarnya.

"Sekarang secara serentak 8 sekolah yang menggelar vaksinasi. Terus ke depan secara bertahap dilakukan vaksinasi supaya pelaksanaan PTM ini berjalan lancar dan terhindar dari paparan virus Corona tidak ada klaster sekolah," ujar Yana.

Kepala SMPN 2 Ciamis Yudi Nugraha mengatakan dari 858 siswa yang siap divaksinasi sebanyak 630 orang. Sedangkan sisanya tidak divaksinasi karena beberapa faktor. Mulai dari tidak adanya izin orang tua, kondisi siswa yang sakit, ada yang sudah divaksinasi di kampungnya dan ada beberapa yang masih di bawah umur.

"Jadi memang saat akan divaksinasi kita memberikan surat permohonan izin ke orang tua. Sehingga ada yang mengizinkan ada yang tidak. Kondisi ini juga sama di sekolah lain juga tidak semua siswa divaksinasi," ucap Yudi.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah mutuskan untuk membuka PTM pada minggu depan. Sehingga pada seminggu ke belakang ini Pemkab Ciamis memberikan kesempatan agar sekolah mempersiapkan diri. Terutama memperbaiki sarana protokol kesehatannya.

(bbn/bbn)