Siswa Jabar-Banten Divaksinasi, Pangdam Siliwangi: Percepat Sekolah Tatap Muka

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 14:06 WIB
Vaksinasi Siswa di Bogor
Siswa menjalani vaksinasi. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Bogor -

Belasan ribu pelajar di Jabar dan Banten mengikuti vaksinasi massal yang digelar Kodam III Siliwangi, Sabtu (29/8/2021). Vaksinasi dilakukan agar pelaksanaan sekolah tatap muka bisa segera digelar.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung vaksinasi bertajuk 'kolaborasi kebangsaan' yang digelar di kawasan Kebun Raya Bogor. Turut mendampingi Jokowi yaitu Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto dan Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Jokowi juga melakukan telekonferensi dengan para unsur Forkopimda di Jawa Barat dan beberapa daerah di Banten. Tak hanya itu, Jokowi pun menanyakan capaian vaksinasi hingga ketersediaan stok vaksin di daerah.

Bahkan daerah juga diminta terus berkerja maksimal untuk menangani pandemi COVID-19. Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto mengatakan vaksinasi massal ini serentak digelar di 25 titik di Jabar dan beberapa daerah di Banten.

Total sasaran vaksinasi mencapai 16.279 siswa yang terdiri14.429 siswa di Jabar dan 1.850 siswa di Banten. "Bekerja sama dengan Kadin dan pihak lainnya, kita (Kodam III Siliwangi) menggelar vaksinasi serentak dengan total sasaran 14.429 siswa di tingkat SMP dan SMA-SMK sederajat," ucap Agus di Kebun Raya Bogor, Jabar, Sabtu (29/8/2021).

Agus menyebutkan vaksinasi pelajar menjadi fokus saat ini agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka bisa lebih cepat dilaksanakan. Selain itu, lanjut dia, vaksinasi digenjot untuk mempercepat herd immunity.

"Di Jabar ini ada sekitar 2 juta pelajar, dan kita baru 10 persennya. Makanya kita genjot vaksinasi pelajar, setiap hari kita lakukan vaksinasi sesuai dengan kebijakan pemerintah yang segera menggelar pembelajaran tatap muka. Selain itu vaksinasi juga bertujuan untuk menyegerakan herd immunity," tutur Agus.

(bbn/bbn)