Jabar Banten Hari Ini: Wamendes Dilaporkan ke Polda hingga Honor Nakes Disunat

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 22:13 WIB
Postingan Wamendes PDTT Budi Arie yang membuat Demokrat Jabar buat laporan
Demokrat Jabar laporkan postingan ini di akun FB diduga milik Wamendes Budi Arie Setiadi/Foto: Tangkapan layar facebook
Bandung -

Honor dokter dan perawat di salahsatu rumah sakit di Serang, Banten diduga disunat. Tak hanya itu Demokrat Jabar mengadukan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi ke Polda Jabar.

Dua berita tersebut menyedot perhatian pembaca detikcom, Jumat (30/7/2021). Selain itu ada tiga berita lainnya yang dipilih redaksi. Berikut lima berita pilihan hari ini:

1. Objek Terbang di Bandung Pernah Terlihat di Meksiko

Objek terbang misterius di langit Bandung pada Kamis (29/7/2021) sempat membuat heboh jagat media sosial. Selidik punya selidik, ternyata kejadian serupa juga pernah terlihat di langit Meksiko, tepatnya di Nezahualc├│yotl.

Tayangan itu dibagikan oleh akun Instagram @betaufo pada 18 Juni 2020 lalu. Dalam keterangannya disebutkan, objek berwarna putih yang jumlahnya berkisar puluhan itu sering terlihat di sekitar Amerika Utara.

Dalam video yang merupakan unggah ulang (repost) dari chileufo itu juga terlihat objek terbang misterius itu juga berkelap-kelip. Belum diketahui asal muasal dari benda tersebut dari penelusuran yang dilakukan detikcom.

Saat dikonfirmasi, saksi mata yang melihat pemandangan serupa di Bandung, Irman, mengiyakan apa yang dilihatnya pada Kamis (29/7) mirip dengan apa yang ditunjukkan tersebut.

"Kurang lebih sama (dengan benda asing di Meksiko), tapi yang saya lihat kemarin lebih banyak dan bentuknya juga kaya enggak beraturan gitu," ujar Irman saat dihubungi, Jumat (30/7).

Sementara itu, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menyatakan objekt benda terbang itu bukan benda antariksa. Menurutnya, berdasarkan konfigurasinya itu benda yang muncul dalam video tersebut berubah. Sedangkan karakteristik benda antariksa konfigurasinya tetap.

Berdasarkan pengamatan Lapan, kata Thomas, kemungkinan benda yang berterbangan tersebut merupakan sejenis balon. "Jadi kemungkinan seperti objek balon yang dilepas. Kumpulan balon. Perlu dicari apakah ada acara pagi itu," tuturnya.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung juga memastikan benda asing tersebut bukan merupakan fenomena cuaca atau meteorologis. Berdasarkan pantauan BMKG, tidak terpantau adanya awan hujan pada waktu benda asing muncul dilaporkan.

"Dapat disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyarakat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki, Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis," kata Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dimintai konfirmasi wartawan.

Hingga kini objek benda terbang di langit Bandung yang muncul pada Kamis (29/7) pekan lalu masih menjadi teka teki yang belum terpecahkan.