Aksi Baik Pria Bandung Gratiskan Bubur Ayam untuk Pasien Isoman

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 11:03 WIB
Penjual Bubur di Bandung
Gufron Lana (35) menggratiskan bubur ayam untuk pasien isoman di Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Orang baik bermunculan di masa pandemi COVID-19. Gufron Lana (35) salah satunya. Penjual bubur ini membagikan ratusan porsi bubur ayam gratis bagi pasien isoman (isolasi mandiri) di Kota Bandung.

Pemilik usaha Bubur Alam Alan Jaya ini memiliki keinginan untuk mengurangi beban warga yang melakukan isoman. Sebab, selama ini banyak pasien isoman yang sulit untuk membeli makanan karena tak bisa keluar rumah.

Sejak pekan lalu, Gufron yang biasa berjualan di kawasan Terusan Suryani, Kota Bandung ini membagikan bubur gratis tiap pagi dan sore hari. Aksi baiknya ini tak tanggung-tanggung, ongkos pengirimannya pun ia tanggung sendiri.

"Awalnya dari pesan broadcast untuk warga yang jarak tinggalnya maksimal dua kilometer dari tempat tinggal saya, tetapi informasi itu terus meluas dan bertambah menjadi 10 kilometer," tutur Gufron saat ditemui belum lama ini.

Bubur Ayam untuk Pasien IsomanBubur ayam untuk pasien isoman di Kota Bandung. (Foto: dok.Gufron Lana)

Ratusan pesan yang masuk ke ponselnya pun membludak, Gufron sempat kebingungan melayani pesanan bubur itu. Pasalnya, ia tak menduga akan ada permintaan sebanyak itu. Akhirnya ia dan istrinya mengambil keputusan yang berani, yakni memakai tabungan yang semula akan ia gunakan untuk membayar uang muka rumah idamannya.

"Tapi karena sudah terlanjur, saya sama istri sepakat ambil aja uang tabungan. Tadinya tabungan itu buat DP rumah sebetulnya, untuk masa depan saya," ujar Gufron.