32 Travel Gelap Terjaring Penyekatan di Pantura Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 14:36 WIB
Puluhan mobil travel terjaring penyekatan oleh petugas di jalur Pantai Utara (Pantura) Karawang. Dari hasil pemeriksaan, mobil travel tersebut dikenakan tilang.
Personel Polres Karawang menjaring travel gelap yang angkut pemudik. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Sebanyak 32 mobil pengangkut pemudik terjaring penyekatan oleh petugas di jalur Pantai Utara (Pantura) Karawang. Polisi menilang travel gelap tersebut.

"32 mobil travel ini, telah melanggar aturan, karena secara ilegal membawa penumpang, dan secara sembunyi-sembunyi atau bisa dikatakan travel gelap," kata Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra di Mapolres Karawang, Rabu (5/5/2021).

Travel gelap itu terjaring pada Selasa malam kemarin hingga Rabu jelang sahur. Polisi mengungkap modus travel gelap berpelat hitam dan kuning mengangkut pemudik.

"Modusnya ini mereka mencari penumpang melalui media sosial. Kemudian bikin janji penjemputan, mereka tidak memiliki surat khusus kendaraan angkutan (karena pelat hitam). Sedangkan untuk pelat kuning ini telah menyalahi trayek operasi," jelasnya.

Jumlah penumpang seluruh travel gelap yang kena tilang itu mencapai 250 orang. Penumpang itu dikenai tarif rata-rata Rp 500 ribu untuk tujuan Jawa Barat serta Rp 900 ribu tujuan ke Jateng dan Jatim.

Geliat travel gelap itu memanfaatkan situasi sebelum penyekatan pemudik oleh aparat. Penumpang yang tidak jadi menggunakan travel gelap itu sebagian dijemput keluarganya masing-masing. Namun ada juga yang diantar petugas ke Terminal Klari untuk melanjutkan perjalanan.

"Mereka yang diperbolehkan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum yang membawa surat swab antigen negatif," kata Rama.

Tonton juga Video: Dilarang Mudik! Ini Enam Titik Penyekatan di Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)