1.300 Aparat Disebar Cegat Pemudik Melintas Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 13:51 WIB
Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Kabupaten Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengecek petugas gabungan Operasi Ketupat Lodaya 2021. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sebanyak 1.300 aparat gabungan disiapkan dalam Operasi Ketupat Lodaya pada momen Lebaran 2021 ini. Mereka bertugas mencegat pengendara yang akan mudik melawati Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah menetapkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Larangan ini dimaksudkan agar tidak terjadinya peningkatan kasus penularan COVID-19.

"Ada sekitar 1.300 personel gabungan, Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran dan Dinas Kesehatan. Sudah disebarkan di delapan titik pos penyekatan untuk mencegah pemudik," ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna usai melepas petugas gabungan di Some Bale Rame Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (5/5/2021).

Ada delapan titik yang disiapkan untuk menyekat pemudik di Kabupaten Bandung. Dua di antaranya pos penyekatan di Tol Soreang dan Tol Cileunyi.

Petugas siap menyekat pengendara berpelat nomor luar Bandung Raya. Kendaraan tersebut akan diputarbalikkan jika memang terbukti hendak mudik.

"Kan di sini ada petugas, petugas yang menangani harus humanis dan persuasif agar tidak terjadi masalah keamanan," kata Dadang.

Sekadar diketahui, saat ini Kabupaten Bandung menjadi salah satu dari dua kabupaten yang masuk zona kuning dalam penularan COVID-19. Meski demikian, ia mewanti-wanti agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Khusus di kabupaten Bandung, kami dari forkofimda untuk sama-sama mengawal dan mengetatkan agar tidak terjadi penularan COVID kembali," ujarnya.

"Alhamdulillah sekarang sudah masuk zona kuning kembali, sebagian (kecamatan) hijau. Dan terus berkurang semoga semua bisa terkendali," Dadang menambahkan.

Tonton juga Video: Ingatkan Jangan Mudik, Satgas: Jadikan India Sebagai Pelajaran

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)