14 Perusahaan di Karawang Pesan Hampers Lebaran dari UMKM

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 20:21 WIB
14 perusahaan di Karawang pesan produk UMKM untuk hampers
14 perusahaan di Karawang pesan produk UMKM untuk hampers (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Lebaran tahun ini, 14 perusahaan bakal bagi 2.900 hampers lebaran yang isinya berupa produk lokal Karawang.

Ketua Forum Wirausaha Karawang (Forwika) Asep Mulyana menyebut ada sekitar 2.900 parsel lebaran yang dipesan 14 perusahaan di Karawang. Seluruh isinya merupakan produk dari UMKM Karawang.

"Ada 70 UMKM yang terlibat. Perputaran uangnya sekitar Rp 300 juta," ujar Asep dalam acara simbolis kerjasama Pemkab Karawang dengan perusahaan dalam rangka bela beli produk UMKM Karawang di Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Selasa (4/5/2021).

Asep menyebut tahun ini, pelaku UMKM bisa merasakan berlipat ganda keberkahan Ramadhan, sebab, biasanya dalam sehari mereka memproduksi 20-30 produk. Kini, bisa sampai 300 buah. Hampers lebaran pesanan sejumlah perusahaan itu dikemas di enam titik. Setelah jadi kemudian disalurkan.

"Saking pesanan membludak, mereka sampai melibatkan saudara hingga tetangga," ungkapnya.

Asep pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Karawang yang telah memfasilitasi pembinaan hingga pemasaran produk UMKM. Juga kepada perusahaan yang telah memesan produk warga Karawang.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengungkapkan, ini adalah upaya Pemkab Karawang, untuk mendorong pemulihan ekonomi, juga meningkatkan daya saing produk lokal.

"Sekarang keripik bolu (Kribo), Bolu Kijing hingga bagelen turubuk harus bisa bersaing dan masuk ke industri di Karawang," kata Aep saat diwawancarai.

Lanjutnya, ia juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan minimarket hingga etalase UMKM di mal.

"Minimarket wajib masuk produk umkm (Karawang). Alhamdulillah Indomaret sudah membuat perjanjian juga," ujar dia.

Aep menyebut, Pemkab Karawang terus melakukan inovasi demi menggencarkan produk warganya. Ia bahkan ingin produk-produk itu bisa masuk ke seluruh koperasi karyawan di perusahaan.

Karenanya, ia mengaku akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pelaku UMKM soal kemasan hingga pemasaran. Juga pembenahan etalase bagi produk-produk UMKM.

"Setelah lebaran produk UMKM harapannya bisa masuk koperasi perusahaan di Karawang," tandasnya.

(mud/mud)