Respons Anak yang Digugat Ibu Gegara Warisan di Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 16:10 WIB
Seorang ibu di Majalengka gugat perdata anaknya gegara akta kelahiran
Gedung PN Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Ika Wartika (62) mengaku terkejut setelah digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Majalengka oleh ibunya, Sri Mulyani (84). Ika digugat oleh Sri lantaran perkara warisan dan salinan akta lahir.

"Ika kaget tiba-tiba ada gugatan ini karena kesehariannya normal-normal saja sebagaimana ibu dan anak," kata Cahyadi kuasa hukum Ika Wartika dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (16/4/2021).

Cahyadi mengungkapkan persoalan yang dihadapi kliennya itu sebenarnya adalah persoalan keluarga. Sri Mulyani menggugat Ika ke pengadilan untuk membatalkan salinan akta kelahiran Ika Wartika.

Namun menurut Cahyadi, gugatan yang diajukan oleh Sri Mulyani kepada Ika Wartika belum jelas dasarnya. "Ini masalah rumah tangga, masalah internal sebenarnya. Jadi ibu ini mau menggugat anaknya untuk membatalkan akta kelahiran. Cuma kami lihat dari gugatannya, tidak jelas ya, aneh aja, ibu mau membatalkan akta kelahiran anak," tutur Cahyadi.

Dari gugatan yang diajukan itu, Sri Mulyani mengaku tidak mengetahui pembuatan akta kelahiran anaknya atas nama Ika Wartika. Namun kata Cahyadi, tidak mungkin seorang ibu tidak mengetahui pembuatan akta kelahiran anaknya sendiri. "Kalau dalam gugatan dikatakan seperti itu (tanpa sepengetahuan penggugat). Tapi kalau kita analisa , tidak mungkin seorang ibu tidak tahu," ucapnya.

Seharusnya, kata dia, masalah yang terjadi antara Sri Mulyani dan Ika Wartika tidak perlu dibawa ke ranah hukum, cukup diselesaikan secara kekeluargaan saja. Ia pun mengaku hanya membantu Ika Wartika lantaran yang bersangkutan baru pertama kali berurusan dengan hukum.

"Tidak usah sampai begini, digugat ke pengadilan. Sangat kaget lah Ibu Ika ini, malu gitu ya, masa internal keluarga diselesaikan seperti ini. Bisa dibicarakan baik-baik," kata Cahyadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2