Jabar Hari Ini: Hengky Kurniawan Plt Bupati-Habib Bahar Bantah Ancam Membunuh

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 19:43 WIB
Habib Bahar bin Smith
Habib Bahar bin Smith (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Cerita Kakek Penarik Becak yang Uangnya Dicuri Saat Salat di Masjid

Seorang kakek yang menangis setelah uangnya senilai jutaan rupiah raib digasak maling saat sedang salat di masjid viral di medsos TikTok dan buat warganet terenyuh. Setelah ditelusuri, kejadian itu terjadi di Masjid Islamic Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Pria tua di dalam video itu adalah Mang Olih, seorang tukang becak yang kerap nongkrong di sekitaran lokasi.

detikcom berkesempatan untuk berbincang dengan pemilik nama asli Olih Solihin, di rumah singgahnya yang berada di kawasan Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul. Kakek 62 tahun ini menjelaskan, peristiwa tersebut sebenarnya terjadi pada Kamis (8/4) lalu. Saat itu, dia baru pulang dari bank untuk mencairkan uang tabungan.

"Saya dari bank, cairkan uang bantuan ada sekitar Rp 1,2 juta. Di saku celana itu ada juga uang hasil narik becak sekitar Rp 70 ribu," ucap Olih.

Olih mengatakan selepas mencairkan uang, dia hendak kembali ke rumah. Namun, lantaran memasuki waktu salat dzuhur, dia memutuskan untuk mampir ke Masjid Islamic Center.

"Di sana saya salat. Uang itu disimpan di celana, celananya saya buka dan ganti sarung karena khawatir kotor," katanya.

Namun nahas, celana yang Olih simpan di dekat pilar masjid malah dicuri orang. Celana itu dicuri saat Olih sedang salat berjamaah.

"Pas saya lihat celananya sudah tidak ada. Dari situ saya... ya Allah sakit hati saya," kata Olih.

Olih mengaku sakit hati. Lantaran, selain duit sekitar Rp 1,3 juta, ponsel sang anak, kunci becak serta sejumlah surat berharga juga raib digondol maling.

"Tadinya uang itu saya mau betulkan HP anak saya untuk belajar," tutup Olih.

Video Olih sedang menangis histeris itu mendadak viral setelah salah satu pemilik akun TikTok bernama @adibanic membagikannya pada, Sabtu (10/4). Rini Herliani (31), pemilik akun tersebut mengatakan, dia mendapat kiriman video dari keluarga di Garut.

"Saya dapat kiriman video itu dari keluarga di Garut, karena saya menetap di Gresik. Setelah dapat video itu pas hari Sabtunya saya upload di Tiktok. Alhamdulillah, tidak menyangka respons dari netizen sebagus ini," kata Rini kepada detikcom di lokasi yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5