Dinda, Gadis Belia yang Kenalkan Karawang Lewat Lukisan

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 22:51 WIB
Pelukis Muda dari Karawang
Dinda Setyaningrum, pelukis muda asal Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Lukisan terpajang di antara riuhnya para pengunjung mal. Sejumlah orang menatap kanvas yang tengah diwarnai oleh seorang gadis belia.

Dinda Setyaningrum (16), namanya. Pelajar kelas 10 SMAN 1 Klari ini merupakan salah satu pelukis muda berprestasi dari Karawang.

"Tiga hari lalu, alhamdulillah dapat juara tiga dalam lomba lukis siluet Pajajaran tingkat provinsi (Jabar)," kata Dinda di Mal Galuh Mas Karawang, Sabtu (27/3/2021).

Menelisik lebih dalam, gadis ini bercerita memulai menggemari seni lukis saat di bangku SMP. Berawal melihat pamannya yang suka melukis, Dinda mencoba memberanikan menggambar.

"Jadi awalnya, pas waktu kelas 2 SMP, saya suka lihat paman melukis. Entah kenapa saya suka lihat gambarnya, terus cara buatnya. Jadi dicoba menggambar di kertas," tutur Dinda.

Objek yang pertama dia gambar berupa wajah anak kecil. "Kalau wajah anak kecil itu, lucu dan lebih mudah saja," katanya.

Pelukis Muda dari KarawangPelukis muda, Dinda Setyaningrum, saat berbincang dengan Wakil Bupati Karawang Aep Saepulloh. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

Waktu bergulir, kian hari teknik Dinda melukis menuai pujian teman-temannya. Tak sedikit rekannya yang meminta dilukis.

"Jadi waktu udah bisa lukis wajah. Teman-teman suka, minta digambarin. Terus ada yang ngasih uang 30 ribu sampai 70 ribu, padahal saya tidak minta," kata Dinda.

Bukan hanya berprestasi di tingkat provinsi. Dinda pernah menyabet juara dua nasional dalam lomba gambar kolektif di Galeri Nasional pada 2016.

Dinda mengaku banyak terinspirasi dari karya-karya pelukis Abah Choirun Soleh asal Klaten, Jawa Tengah. "Lukisannya realis banget," katanya.

"Jadi saya memang suka aliran lukis realis. Soalnya seperti ada kepuasan tersendiri kalau sampai lukisannya sama dengan objek aslinya," Dinda menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2