Kejari Karawang Bikin Aplikasi Pengaduan Online Tipikor

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 18:52 WIB
Kejari Karawang bikin aplikasi khusus pelaporan online tipikor
Kejari Karawang bikin aplikasi khusus pelaporan online tipikor (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang membuat aplikasi khusus pengaduan elektronik atau e-Lapdu. Aplikasi ini sebagai langkah pemberantasan korupsi.

"Saat ini, berbagai upaya tengah kami buat untuk melawan Tipikor, salah satunya mengembangkan aplikasi pengaduan, yakni e-Lapdu, laporan pengaduan berbasis aplikasi, tentunya agar memudahkan masyarakat melaporkan Tipikor," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Rohayatie, saat diwawancarai melalui gawai, Selasa (23/3/2021).

Katanya, e-Lapdu tersebut merupakan inovasi dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Salah satu yang menjadi prioritas yaitu pelayanan pengaduan korupsi melalui aplikasi online.

"Tentunya kami ingin melayani masyarakat sebaik mungkin, dengan respon yang cepat, ditambah lagi, kami ingin mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK), dan juga wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM)," katanya.

Lanjutnya, Kejari Karawang tengah berbenah dari segi pelayanan, dan infrastrukturnya.

"Misalnya pembangunan gedung perpustakaan dengan buku-buku tentang hukum atau buku bersifat umum. Karena lokasinya berdekatan dengan gedung pelayanan tilang maka masyarakat bisa memanfaatkan waktu menunggu mengambil tilangan dengan membaca buku yang tersedia," terangnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, Kejari Karawang berencana menyiapkan peralihan absensi konvensional, ke sistem lebih modern.

"Nanti absensi pegawai harus swafoto, dan penanda lokasi, jadi kita tau posisi pegawai di mana, tidak konvensional lagi dengan alat pemindai sidik jari," jelasnya.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Kejari Karawang telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Jaksa (Si-Jaka) sebagai upaya peningkatan sistem keterbukaan informasi publik.

"Tahun lalu kita buat Si-Jaka, aplikasi kejaksaan Karawang, aplikasi berbasis android ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi yang ada di Kejaksaan Negeri Karawang," ungkapnya.

Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan, terdapat beberapa menu pada aplikasi sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Bagi seluruh masyarakat bisa mengunduhnya melalui google play store dengan mengklik link berikut ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sijakakarawang.siJaka

"Dengan adanya aplikasi ini, baik lagi, penguatan komitmen dapat mendorong kejaksaan menuju zona WBK dan WWBM," tandasnya.

(mud/mud)