Warga 'Desa Miliarder' di Kuningan Didominasi Petani

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 16:40 WIB
Rupanya, desa miliarder ada juga di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Warga Desa Kawungsari yang terdampak pembangunan Bendungan Kuningan ini memborong ratusan sepeda motor setelah mendapat uang ganti untung.
Warga Desa Kawungsari Kuningan yang terdampak pembangunan Bendungan Kuningan ini ramai-ramai membeli sepeda motor setelah mendapat uang ganti untung. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Desa Kawungsari di Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan mendadak viral hingga dijuluki 'Desa Miliarder'. Sebab warganya mendapat banyak uang hasil pembebasan lahan proyek pembangunan Bendungan Kuningan.

Warga memperoleh uang ganti untung proyek Bendungan Kuningan dengan nilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dari uang itu, mereka pun berbondong-bondong membeli kendaraan baru berupa sepeda motor dan mobil.

Meski saat ini sudah memiliki uang ganti untung, warga Kawungsari yang sebagian besar petani ini tidak ingin meninggalkan pekerjaannya. Di tempat relokasi nanti, yang berada di Desa Sukarapih, warga tetap ingin bekerja seperti sedia kala dengan bertani.

"Kalau pindah nanti juga saya tetap bertani ya soalnya bisanya bertani. Kalau uang ganti untung ini saya pakai buat beli motor, sisanya saya tabung," kata Nurmadin (50), salah satu warga, Selasa (23/2/2021).

Nurmadin mendapat uang ganti untung sebesar Rp 400 juta hasil menjual rumah dan sawah. Ia sebelumnya memiliki sawah seluas 1.400 meter persegi.

Meski tetap bertani, ia belum mendapat lahan baru yang digunakan untuk menanam padi. "Sampai sekarang belum dapat lahannya, masih mencari," tutur Nurmadin.

Simak juga Video: Warga 'Desa Miliarder' Kuningan Borong 300 Motor-30 Mobil

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2