Selain 'Desa Miliarder', 5 Daerah di Kuningan Terdampak Proyek Bendungan

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 15:27 WIB
Lokasi Pembangunan Bendungan Kuningan
Lokasi proyek Bendungan Kuningan. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Pembangunan Bendungan Kuningan rupanya tidak hanya berdampak kepada 'desa miliarder' atau Desa Kawungsari yang seluruh warganya harus direlokasi. Tercatat ada lima desa lainnya yang terdampak pembangunan bendungan seluas 302 hektare di dua kecamatan yakni Kecamatan Cibereum dan Karangkencana.

Kepala Bidang Pertanahan DKPP Kabupaten Kuningan Rangga Apriana mencatat ada enam desa di dua kecamatan yang terdampak pembanguan Bendungan Kuningan. "Pembangunan bendungan itu yang terkena dampak enam desa di dua kecamatan. Desa Sukarapih, Randusari, Kawungsari di Kecamatan Cibereum dan Desa Cihanjaro, Simpajaya, Tanjungkerta di Kecamatan Karangkencana," kata Rangga saat dihubungi detikcom, Selasa (23/2/2021).

Namun, kata Rangga, Desa Kawungsari merupakan desa yang paling terdampak adanya pembangunan bendungan tersebut. Akibatnya 362 kepala keluarga di Desa Kawungsari harus direlokasi.

"Paling terdampak Kawungsari, 362 KK direlokasi karena desa itu nanti akan ditenggelamkan," ucap Rangga.

Rencananya Bendungan Kuningan yang dibangun sejak 2013 itu mulai diisi air pada Juni atau Juli mendatang. "Rencana pengisian awal Juni atau Juli, tapi nanti kementerian yang menentukan," kata Rangga.

Camat Cibereum Pulung Sugandi menjelaskan dari tiga desa yang terdampak pembangunan Bendungan Kuningan, hanya satu desa yang terkena dampak tidak langsung. "Dampak pembangunan Bendungan Kuningan untuk Kecamatan Cibereum ada tiga desa, Kawungsari itu satu desa pindah semua. Desa Randusari dua RT yang terdampak karena posisinya ada di bawah tanggul bendung," ujarnya.

"Satu laginya Sukarapih. Kalau Sukarapih itu sebagian lahannya digunakan untuk relokasi rumah warga, jadi tidak terdampak langsung. Lahannya seluas 7,5 hektare untuk dibangun rumah relokasi 444 unit," ucap Pulung menambahkan.

Simak Video: Warga 'Desa Miliarder' Kuningan Borong 300 Motor-30 Mobil

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)