PNS Jabar Keluar Daerah Saat Libur Imlek, Sekda: Sanksi Berat Menanti

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 16:03 WIB
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jawa Barat jangan coba-coba berpergian ke luar daerah saat libur Tahun Baru Imlek pada Jumat 12 Februari 2021. Pasalnya, sanksi ringan hingga berat menanti bagi yang melanggar.

Pelarangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 30 / KS.02.02 / BKD tentang Pembatasan Melakukan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Selama Libur Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili dalam Masa Pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan pelarangan tersebut bertujuan untuk menekan risiko penyebaran COVID-19. Menurutnya, momen libur panjang kerap berdampak terhadap kenaikan kasus positif COVID-19.

"Kita tahu sendiri momen libur panjang selalu berdampak pada kenaikan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Setiawan dalam keterangannya, Kamis (11/2/2021).

Sekadar diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pun sudah merilis surat edaran yang berisi larangan bagi ASN untuk berpergian keluar daerah. Setiawan mengatakan, ASN pun diimbau untuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai COVID-19.

"Apabila ASN melanggar, pimpinan masing-masing bisa memberikan sanksi. Dari yang paling ringan sampai berat," tutur Setiawan.

Selanjutnya
Halaman
1 2