Penetapan Bupati Bandung Terpilih Tunggu Putusan Mahkamah Konstitusi

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 17:51 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi (Andhika Akbaransyah)
Kabupaten Bandung -

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi. Pasalnya, gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) telah diregistrasi oleh Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, pada 18 Januari 2021, gugatan yang dilayangkan Paslon Nia-Usman diregister oleh MK. KPU Kabupaten Bandung menjadi pihak termohon atau tergugat.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan tahapan penetapan akan dilakukan usai putusan MK terhadap gugatan yang dilayangkan Nia-Usman.

"Nanti nunggu keputusan MK," jawab Agus saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Apabila merujuk pada jadwal KPU, penetapan akan dilakukan dalam lima hari usai pengumuman hasil rekapitulasi suara. Tetapi jika ada PHP, maka penetapan akan dilakukan lima hari usai putusan MK.

Agus mengatakan,pihaknya sedang mempersiapkan jawaban untuk materi gugatan yang dilayangkan oleh paslon nomor urut satu. Selain itu, ia pun terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU RI untuk menyiapkan jawaban dalam persidangan.

"Kita kordinasi ke KPU RI dikordinasikan dengan KPU provinsi. Kemudian kita kordinasi dengan lawyer, itu aja menyiapkan jawaban," kata Agus melanjutkan.

Rencananya, KPU Kabupaten Bandung akan menjalani sidang pertama pada 26 Januari. Meski demikian, ia enggan menyebutkan seperti apa materi gugatan paslon Nia-Usman.

"Gak usah itu kan sudah pokok perkara, buktikan saja nanti di sidang," katanya.

Sekadar diketahui, pasangan calon Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan menjadi pasangan dengan suara terbanyak di Pilkada Bandung. Mereka memperoleh suara sebanyak 928.602 suara sah dan menang di 30 kecamatan dari 31 kecamatan yang ada.

Pasangan Nia-Usman berada di posisi kedua dengan peroleh 511.413 suara sah. Kemudian, pasangan Yena Masoem dan Atep hanya memperoleh sebanyak 217.780 suara sah.

(mso/mso)