Bupati Bandung Barat 'Sembunyikan' Positif COVID-19, Ini Kata Ridwan Kamil

Erna Mardiana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 14:56 WIB
Pertemuan Ridwan Kamil dengan pimpinan media massa di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Tangkapan layar Zoom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara soal Bupati Bandung Barat Aa Umbara yang 'menyembunyikan' statusnya positif Corona atau COVID-19 kepada publik. Emil--sapaan Ridwan--berharap hal ini tidak pernah terjadi lagi.

"Pejabat publik yang positif punya kewajiban untuk mengumumkan. Karena kan multikegiatan, bertemu multimasyarakat. Pengumumannya untuk kewaspadaan pengetesan," ujar Emil saat pertemuan virtual dengan pimpinan redaksi media massa di Jawa Barat, Kamis (15/1/2021).

Berkaitan hal itu, Emil mengaku sudah menegur Aa Umbara. "Saya sudah sampaikan untuk tidak terjadi lagi," kata Emil menegaskan.

Status positif COVID-19 Aa Umbara dan istrinya baru diketahui setelah 12 hari mereka positif. Sekda Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan sejak awal tahun ini, Aa Umbara Sutisna absen dari kegiatan berbagai pemerintahan sehingga muncul isu dirinya terpapar COVID-19.

"Awalnya saya tanya ke ajudan katanya (Aa Umbara) lagi istirahat karena sakit. Isunya ada yang bilang tifus dan lain-lain karena sakitnya lebih dari seminggu," ucap Asep kepada wartawan, Rabu (13/1).

Kemudian dirinya menginstruksikan Dinas Kesehatan Bandung Barat untuk mencari informasi. Hingga akhirnya didapati jawaban bahwa Aa Umbara terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saya sendiri tidak bisa menghubungi beliau. Tapi akhirnya Selasa (12/1) malam bisa dihubungi. Karena beliau pejabat publik harus ada kejelasan, tidak ada simpang siur, memang betul Pak Bupati dan istri positif COVID-19," kata Asep.

Selanjutnya
Halaman
1 2