Positif COVID-19, Aa Umbara Sempat Tahlilan di DPD NasDem Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 17:51 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna
Foto: Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan istrinya Yuyun Yuningsih Umbara terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini keduanya tengah menjalani perawatan intensif di rumahnya.

Berdasarkan informasi dari dokter yang merawat Aa Umbara dan istrinya, keduanya sudah 12 hari menjalani perawatan di rumah karena positif COVID-19.

Namun ternyata pada tanggal 4 Januari 2021, Aa Umbara dan istrinya sempat menghadiri kegiatan tahlilan 7 hari meninggalnya Sekjen DPD Nasdem Bandung Barat yang dihelat di Kantor DPD Nasdem KBB, Jalan Raya Purwakarta, Padalarang, KBB.

Jika Aa Umbara telah positif 12 hari yang lalu seperti yang disampaikan pula oleh Sekretaris Daerah (Sekda) KBB Asep Sodikin, artinya Aa Umbara hadir ke acara tahlilan tersebut dengan status positif COVID-19.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPD Nasdem KBB Asep Ado membenarkan kabar hadirnya Aa Umbara dan istri pada tahlilan tersebut.

"Terakhir ketemu itu tanggal 4 Januari, saat tahlil 7 hari meninggalnya Haji Hero (Sekjen DPD Nasdem KBB)," kata Asep Ado kepada detikcom, Rabu (13/1/2021).

Mengingat kehadiran Aa Umbara itu pula lah Asep dan 19 orang dari internal DPD Nasdem Bandung Barat bakal menjalani swab test karena khawatir terpapar COVID-19.

"Kita ditanya Dinkes KBB, yang tahlil karena jadi kontak erat Pak Bupati. Hasilnya ada 20 pengurus yang jadi kontak erat. Besok (Kamis, 14 Januari) mau diswab test," bebernya.

"Semua pengurus yang datang jelas kaget karena kan enggak tahu beliau positif COVID-19. Kita khawatir juga takut terpapar. Tapi alhamdulillah saya dan yang lain sehat dan mudah-mudahan negatif," tambah Asep.

Kabar positifnya Aa Umbara sendiri baru disampaikan hari ini oleh Sekda Bandung Barat Asep Sodikin. Sebab selama 12 hari sebelumnya Aa Umbara diketahui tak berkegiatan di lingkungan Pemkab Bandung Barat karena sakit.

"Kemarin berkomunikasi langsung dengan Pak Bupati (Aa Umbara), kalau Pak Bupati dengan istri terpapar COVID-19. Saat ini, dari nada suara masih dalam kondisi recovery," ungkap Asep Sodikin saat ditemui di Pemkab Bandung Barat.

(mso/mso)