Libur Nataru, Pelancong Sambangi Wisata Alam di Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 19:10 WIB
Wisatawan Sambangi Kabupaten Bandung
Wisatawan mulai berdatangan ke area wisata alam di Kabupaten Bandung. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sejumlah pelancong mulai berdatangan menyambangi wisata alam di Kabupaten Bandung. Meski begitu, jumlah wisatawan dinilai masih rendah dibandingkan libur natal dan tahun baru (nataru) pada tahun sebelumnya.

Pantauan detikcom di Glamping Lakeside, sejumlah wisatawan mulai berdatangan. Seperti di salah satu wahana yakni, Pinisi Resto, banyak wisatawan yang sudah bersantap ria menikmati hidangan khas di Pinisi Resto.

"Dibanding dengan bulan kemarin ada peningkatan. Tetapi dibandingkan dengan tahun kemarin karena ada pandemi juga, ada sedikit kekurangan," ujar salah satu pengelola Glamping Lakeside Rida Ramdhani, Kamis (24/12/2020) sore.

Beberapa wisatawan pun mengenakan masker saat berwisata di wahana khas perahu asal Sulawesi Selatan itu. Sejak di pintu masuk pun wisatawan yang datang sudah dicek suhu. "Kunjungan per harinya yang biasa 1.000 mungkin cuman 750," kata Rida.

Meski begitu, kata Rida, di hari pertama libur panjang ini, pihaknya masih mempersiapkan menyoal pemeriksaan hasil rapid test antigen. "Untuk antigen kita masih koordinasi. Sekarang kan baru hari pertama, akan diberlakukan di depan, pos tiket," kata Rida.

Di tempat berbeda, sejumlah wisatawan pun mulai berdatangan ke lokasi wisata alam Kawah Putih. Sebagian wisatawan pun mengikuti test rapid antigen yang diselenggarakan Dinkes dan jajaran kepolisian yang tidak jauh dari pintu masuk Kawah Putih.

Meski begitu, jumlah wisatawan yang datang ke Kawah Putih dinilai masih belum signifikan dari total kapasitas. "Sementara ini belum signifikan peningkatannya," ujar pengelola wisata Kawah Putih Ari Kurniawan.

(bbn/bbn)