Kiprah 3 Artis di Pilkada Jabar: Sahrul dan Lucky Menang, Adly Keok

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 12:47 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi (Andhika Akbaransyah)
Bandung -

Tiga selebriti ibu kota ikut meramaikan gelaran Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat pada 9 Desember kemarin. Mereka ambil bagian sebagai kontestan dalam merebut hati dan suara dari masyarakat di kancah politik.

Mereka adalah Sahrul Gunawan, Adly Fairuz dan Lucky Hakim. Ketiganya kompak memasang posisi sebagai calon wakil kepala daerah di tempat pemilihannya masing-masing. Bagaimana kiprah mereka hingga hari ini?

1. Lucky Hakim di Pilkada Kabupaten Indramayu

Dunia politik bukanlah hal yang asing bagi pria kelahiran Cilacap, 12 Januari 1978 ini. Ia pernah terpilih sebagai Anggota DPR RI Periode 2014-2019 lewat Partai Amanat Nasional dapil Jawa Barat VI.

Dalam Pilkada Indramayu 2020, Lucky Hakim maju sebagai wakil bupati bersama dengan Nina Agustina Da'i Bachtiar yang merupakan anak dari mantan Kapolri Da'i Bachtiar. Ia mendapatkan rekomendasi dari PDIP, Partai Gerindera dan NasDem.

Dalam hasil quick count Indikator Politik Indoensia, pasangan ini berhasil Nina-Lucky berhasil mengungguli para pesaingnya dengan 37,49 persen.

Sementara itu pasangan nomor urut tiga yang juga petahana Daniel Mutaqien-Taufik Hidayat berhasil mendapat 29,29 persen. Sementara itu, urutan ketiga paslon nomor urut satu Sholihin-Ratnawati sebesar 24,58 persen. Terakhir adalah paslon perorangan Toto Sucartono-Deis Handika yang meraih 8,63 persen.

2. Sahrul Gunawan di Pilkada Kabupaten Bandung

Gagal melenggang ke Senayan tak menghentikan langkah Sahrul Gunawan dalam berpolitik. Pria yang dikenal dalam serial Jin dan Jun ini, kembali maju sebagai wakil bupati Bandung bersama Dadang Supriatna.

Sahrul mendapatkan rekomendasi dari Partai NasDem. Kehadirannya mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kabupaten Bandung. Hal itu terbukti dari hasil quick count LSI bagi pasangan 'Bedas' yang meraup suara 56,2%.

Pasangan Dadang-Sahrul diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mereka mengantongi 26 kursi parlemen dari total total kursi partai pengusung tersebut.

3. Adly Fairuz di Pilkada Kabupaten Karawang

Adly Fairuz maju sebagai calon wakil bupati dalam Pilkada Kabupaten Karawang bersama Yesi Karya Lianti. Ia menjadi jagoan PDIP untuk bersaing dengan petahana Cellica Nurrachadiana yang juga maju kembali.

Sayangnya, dalam quick count yang digelar Lembaga Survei Indikator Politik, kepopuleran Adly tak bisa mendongkrak suaranya dalam konstetasi pilbup.

Petahana Cellica-Aep meraup 61,37%, saat suara masuk di quick count Pilkada Karawang sudah mencapai 68 persen. Sementara itu, pasangan Ahmad-Yusni meraup 27,57%. Pasangan Yesi-Adly Fairuz tertinggal paling belakang dengan 11,06% di quick count Indikator.

(yum/mso)