Round-Up

Deretan Pemenang Pilkada di Jabar Versi Quick Count

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 09:41 WIB
Ilustrasi Pilkada Bekasi (Dok. Detikcom)
Foto: Ilustrasi Pilkada Bekasi (Dok. Detikcom)
Bandung -

Pemilihan delapan pasangan calon (paslon) kepala daerah di Jawa Barat telah berlangsung pada 9 Desember kemarin. Walau belum ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah paslon menyatakan kemenangannya dengan melihat hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Siapa saja pemenang versi quick count, berikut ulasannya:

1. Kabupaten Indramayu : Nina Agustina - Lucky Hakim

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina Bachtiar-Lucky Hakim telah mendeklarasikan kemenangannya versi quick count atau hitung cepat. Menurut quick count Indikator Politik Indonesia, Nina-Lucky unggul 37,49 persen dibanding dengan tiga pasangan lainnya.

Sementara itu pasangan nomor urut tiga yang juga petahana Daniel Mutaqien-Taufik Hidayat, yakni 29,29 persen. Sementara itu, urutan ketiga paslon nomor urut satu Sholihin-Ratnawati yakni 24,58 persen. Dan, terakhir adalah paslon perorangan Toto Sucartono-Deis Handika yang meraih 8,63 persen.

Nina mengaku Calon Bupati Indramayu nomor urut 3 Daniel Mutaqien telah mengakui kemenangannya. "Sekitar jam 17.00 WIB, Mas Daniel menelpon saya. Ya, mengucapkan selamat. Katanya, saya titip Indramayu," kata Nina kepada awak media saat jumpa pers di kediamannya di Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jabar, Rabu (9/12/2020).

2. Kabupaten Karawang : Cellica - Aep

Quick count Pilbup Karawang yang digelar Lembaga survei Indikator Politik, petahana Cellica Nurrachdiana-Aep masih unggul dibandingkan dua pasangan lainnya.
Berdasarkan data per Rabu (9/12/2020) pukul 15.16 WIB, petahana Cellica-Aep meraup 61,37%. Suara masuk di quick count Pilkada Karawang sudah mencapai 68 persen.

Sementara itu, pasangan Ahmad-Yusni meraup 27,57%. Pasangan Yesi-Adly Fairuz tertinggal paling belakang dengan 11,06% di quick count Indikator.

Sebelumnya, lima hari menjelang pencoblosan, lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei terakhir Pilkada Karawang. Indikator Politik Indonesia memprediksi pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh akan menang di Pilkada Karawang 2020.

3. Kota Depok : Mohammad Idris-Imam Budi Hartono

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok nomor urut 2, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilkada Depok versi hitung cepat (quick count) hasil suara. Pasangan calon ini diusung oleh PKS, Demokrat, PPP, dan Partai Berkarya.

"Berdasarkan hasil quick count yang sudah kita lakukan di sekian ratus titik yang sudah kita tetapkan, sebagai representasi TPS untuk menetapkan bahwa Pak Idris dan Pak Imam memang sosok Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026," kata ketua tim pemenangan Idris-Imam, Hafid Nasir, di Rumah Relawan Idris (RRI), Cilodong, Kota Depok, Rabu (9/12/2020).

"Dari hasil quick count capaian suara 75 persen dari TPS-TPS yang sudah merepresentasikan kemenangan Pak Idris dan Pak Imam, insyaallah, dengan izin Allah SWT, Pak Idris dan Pak Imam menang. Menang di angka 55,38 persen," lanjutnya.

Tonton video 'Mahfud MD: Ketidakpuasan Hasil Pilkada Akan Terjadi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2