Pembangunan Rumah Subsidi untuk Guru di Jabar Dimulai Desember

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 13:13 WIB
ilustrasi menabung
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani)
Bandung -

Kadisdik Jabar Dedi Sopandi memastikan program rumah bersubsidi bagi tenaga pendidik di Jabar akan dimulai pada pertengahan Desember 2020. Saat ini, dari 17 titik perumahan dalam program Bakti Padamu Guru (Bataru), 13 di antaranya telah mengantongi izin pembangunan.

"Jadi nanti di pertengahan Desember, akan dilakukan groundbreaking, peletakan batu pertama di satu titik perwakilan bersama Kemenpera," ujar Dedi saat ditemui, Senin (30/11/2020).

Program ini tak hanya dikhususkan bagi guru, tetapi juga diperbolehkan bagi staf administrasi hingga penjaga sekolah. 17 daerah yang akan dijadikan perumahan Bataru ini, dua di antaranya merupakan kota yakni Banjar dan Depok. Kemudian, 15 daerah lainnya merupakan kabupaten yakni Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Bandung Barat, Purwakarta, Subang, Bandung, Garut, Indramayu, Ciamis, Kuningan, Cirebon dan Pangandaran.

Untuk mendapatkan rumah subsidi ini, ujar Dedi, tenaga pendidik harus melengkapi sejumlah persyaratan, di antaranya tak memiliki rumah dan berpenghasilan kurang dari Rp 8 juta per bulan. Untuk mengakses ini, sambungnya, tenaga pendidik bisa menghubungi salah satu dari 13 Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jabar.

"Kalau untuk deal yang kita lobi dengan Kemenpera disediakan 10 ribu rumah. Itu ajuan kita untuk menambah di tahun berikutnya dengan harga rata-rata Rp 150 juta dengan uang muka antara Rp 8-10 juta, cicilannya Rp 900 ribu per bulan, dengan harapan asuransi dan yang lain-lain sudah masuk ke dalamnya," ujar Dedi.

"Teman-teman guru ini sangat sulit untuk mendapatkan akses perumahan (subsidi), padahal secara penghasilan mereka di bawah Rp 8 juta, tetapi hal itu masih sulit difasilitasi oleh properti. Kita merekomendasikan bahwa penghasilan mereka segitu, dengan perhitungan Rp 900 per bulan itu didapatkan dari honor dan gaji yang mereka terima," tutur Dedi.

(yum/bbn)