Jabar Hari Ini: Penjaga Warung Mirip Anya Geraldine-Ciayumaja Terancam Pisah dari Jabar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 19:27 WIB
Viral penjaga warung kelontong di Cianjur mirip Anya Geraldine
Foto: Viral penjaga warung mirip Anya Gerarldin (tangkapan layar video).

Kodam III Siliwangi Cek Handphone Anggota Cegah LGBT

Kodam III Siliwangi ikut mengawasi para prajurit agar tak terjerumus memiliki penyimpangan seksual LGBT. Salah satu caranya, dengan mengecek ponsel prajurit.

"Ada pengawasan tetap sewaktu-waktu dikumpulkan, pengecekan HP semua. Nggak setiap waktu, tapi kadang-kadang kita turun, kumpulkan semua (prajurit) dengan HP, kita cek antisipasi ada yang menyimpang," ucap Kapendam III Siliwangi Kolonel Infanteri FX Sri Wellyanto kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

Welly mengatakan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto juga sudah memberikan instruksi agar prajurit tak terjerumus memiliki perilaku menyimpang. Selain cek ponsel, sambung Welly, Pangdam sudah menginstruksikan komandan satuan guna memberi bekal mental kepada prajuritnya setiap waktu.

"Ya kalau antisipasi sudah ada perintah dari Pangdam untuk semua Dan Sat untuk sering-sering memberi jam komandan, jam pimpinan memberikan pembinaan mental. Untuk mencegah hal seperti itu," tuturnya.

Selain pembinaan mental, kata Welly, pemahaman kerohanian juga ditingkatkan. Sehingga, hal itu diharapkan dapat mencegah timbulnya pola perilaku menyimpang.

"Ya pembinaan mental jam pimpinan, jam komandan meningkatkan kegiatan kerohanian," katanya.

Welly menambahkan aturan sanksi dari ringan hingga berat bisa diberikan kepada prajurit yang memiliki perilaku menyimpang. Bahkan bila terbukti, sambungnya, prajurit dikenakan sanksi pemecatan.

"Sesuaikan aturan berlaku. Bisa sampai pemecatan, tergantung kasusnya kalau keterlibatan terlalu jauh, buat apa dipertahankan," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Pengadilan Militer II-10 Semarang memecat Praka P sebagai prajurit TNI karena terbukti melakukan hubungan seks sesama jenis. Selain dihukum 1 tahun penjara, Praka P dipecat dari dinas militer.

Hal itu tertuang dalam putusan Pengadilan Militer Semarang yang dilansir website Mahkamah Agung, Rabu (14/10). Praka P dipecat karena terbukti melakukan hubungan sesama jenis dengan Pratu M, yang ia kenal lewat media sosial.

Selain Praka P, seorang prajurit lainnya juga turut dipecat karena melakukan hubungan sejenis. Pengadilan Militer II-09 Bandung memecat Pratu H karena hubungan sesama jenis yang dilakukan berulang dengan sesama anggota TNI.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5