Raden Rangga dan 2 Petinggi Sunda Empire Dituntut 4 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 15:00 WIB
Raden Rangga
Raden Rangga (Foto: Dok detikcom)
Bandung -

Tiga petinggi kelompok Sunda Empire dituntut selama empat tahun penjara. Ketiganya dianggap terbukti bersalah melakukan penyebaran berita bohong.

Hal itu terungkap dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Selasa (22/9/2020). Sidang digelar secara virtual di mana ketiga terdakwa yakni Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum dan Raden Rangga Sasana berada di Rutan Mapolda Jabar. Sedangkan Jaksa dan hakim berada di PN Bandung.

Dalam amar tuntutannya, jaksa Kejati Jabar Suharja menilai ketiga terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan menyebarkan berita bohong. Hal itu sesuai dakwaan ke satu Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara masing-masing empat tahun penjara," ucap Jaksa.

Polisi menetapkan dedengkot Sunda Empire Nasri Banks sebagai tersangka. Selain itu, Ibunda Ratu Agung Rd Ratna Ningrum dan Rangga Sasana juga jadi tersangka.Nasri Banks dan Ratu Agung Raden Ratna Ningrum. (Foto: Donya Indra Ramadhan/detikcom)

Dalam pembacaan tuntutan itu, jaksa menjelaskan perbuatan yang dilakukan ketiga terdakwa itu. Menurutnya, ketiganya terbukti melakukan dan turut serta melakukan perbuatan menyebarkan berita bohong dengan sengaja terkait adanya kerajaan Sunda Empire.

"Akibat perbuatannya telah menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat Sunda. Karena telah mengotori dan mengusik keharmonisan masyarakat khususnya masyarakat Sunda," tutur jaksa.

Selanjutnya
Halaman
1 2