Cegah Penyebaran Corona, Polisi Tambah Titik Rekayasa Jalan di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 13:17 WIB
Jalan Asia Afrika di Bandung kala PSBB
Foto: Jalan Asia Afrika Bandung ditutup selama PSBB (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung kembali menambah titik rekayasa jalan di Kota Bandung sebagai upaya mencegah kerumunan warga dan menekan penyebaran COVID-19. Rekayasa jalan dilakukan secara situasional.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur mengatakan ada penambahan beberapa ruas jalan di Kota Bandung yang direkayasa. Jalan tersebut yakni Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Veteran dan Jalan Sumatera.

"Itu (Jalan Otista, Veteran dan Sumatera) sudah kan, sejak dua atau tiga hari yang lalu. Itu masih buka tutup, masih berlaku buka tutup," ucap Bayu saat dihubungi, Selasa (28/4/2020).

Bayu menuturkan rekayasa lalin ini dilakukan seiring dengan kondisi lalin yang sepi sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bandung. Rekayasa dengan sistem buka tutup jalan ini dilakukan untuk mencegah kerumunan guna pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kita memanfaatkan jalur yang semakin sepi ini dengan buka tutup kembali ruas jalan. Sehingga konsentrasi kita untuk mencegah penyebaran covid-19 ini lebih enak untuk pelaksanaannya," tuturnya.

Bayu menambahkan kemungkinan akan ada penambahan ruas jalan lagi yang akan direkayasa. Beberapa ruas jalan itu seperti di Jalan Gatot Soebroto, Moch Toha dan Buahbatu. Namun rekayasa itu masih dalam kajian.

"Sementara kita masih dalam perencanaan, ada beberapa ruas jalan yang akan melalui kajian dulu," kata dia.

Rekayasa jalan dengan sistem buka tutup sendiri sudah dilakukan Satlantas Polrestabes Bandung sejak beberapa waktu lalu. Beberapa jalan itu di antaranya Jalan Asia Afrika, Jalan Merdeka, Jalan IR H Juanda hingga Jalan Diponegoro.

(dir/mso)