DetikNews
Jumat 09 November 2018, 13:35 WIB

Ridwan Kamil Ingatkan Ketua RT dan RW Waspada Bencana Alam

Mochamad Solehudin - detikNews
Ridwan Kamil Ingatkan Ketua RT dan RW Waspada Bencana Alam Warga Kabupaten Bandung menggunakan perahu saat banjir menerjang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengingatkan para kepala desa, lurah, camat hingga ketua RT dan RW untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam di wilayahnya. Sebab saat ini intensitas hujan mulai meningkat.

"Musim hujan sudah turun, awasi perkotaan yang sifatnya (banjir) cileuncang dan nonperkotaan yang sifatnya banjir bandang," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung DPRD Jabar, Jumat (9/11/2018).


Sebagaimana diketahui, sejumlah daerah di Jabar terdampak bencana banjir dan longsor. Salah satunya bencana banjir bandang yang menerjang daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Akibat bencana tersebut enam orang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan rumah di tiga kecamatan yakni Cipatujah, Karang Nunggal dan Culamega, terendam akibat luapan air sungai.

Bukan hanya merendam rumah warga, banjir bandang itu menggerus Jembatan Sungai Ciandum, di Kecamatan Cipatujah. Akibatnya, akses dari Kabupaten Garut menuju Kabupaten Tasikmalaya dan sebaliknya terputus.



Kemudian adanya pergerakan tanah yang mengancam sekitar 48 rumah warga di Kabupaten Bandung Barat. Selain itu banjir mengenangi rumah warga di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Pangandaran

"Mohon kepala desa, RT, RW, lurah, camat juga waspada dan menyiapkan kontingensi plan, bantuan-bantuan dan rencana tindakan," ucap Emil.


Simak Juga 'Sandi 'Ngeles' Ditanya soal Draf Aliansi, Pilih Bicara Ekonomi':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/bbn)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed