DetikNews
Selasa 26 September 2017, 16:46 WIB

Polda Jabar Serahkan Kendaraan Mewah Selundupan ke Bea Cukai

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polda Jabar Serahkan Kendaraan Mewah Selundupan ke Bea Cukai Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto melihat barabg bukti kendaraan mewah hasil selundupan. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Menyusul adanya temuan penyelundupan dari kasus pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu motor gede (moge) dan mobil mewah, Polda Jabar menyerahkan barang bukti puluhan kendaraan itu ke Kanwil Bea dan Cukai Jabar. Kasus tersebut akan diproses Bea dan Cukai Jabar.

Baca juga: Polda Jabar Bongkar Sindikat Pemalsu STNK Motor dan Mobil Mewah

Penyerahan barang bukti tersebut dilakukan langsung Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto kepada Kepala Kanwil Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Jabar Saifulah Nasution di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/9/2017).

"Sesuai hasil penyelidikan dan koordinasi, maka kita menyerahkan kendaraan ini kepada Bea dan Cukai," ucap Agung usai penyerahan barang bukti.
Polda Jabar Serahkan Kendaraan Mewah Selundupan ke Bea CukaiBarang bukti kendaraan mewah hasil selundupan. (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Agung mengatakan sejauh ini baru 23 kendaraan mewah yang diserahkan ke Bea dan Cukai Jabar. Sisa kendaraan, akan menyusul untuk diserahkan.

Baca juga: Aksi Pemalsu STNK Motor-Mobil Mewah Rugikan Negara Ratusan Miliar

"Nanti kalau sudah dapat lagi, kita serahkan lagi," kata Agung.

Dia menjelaskan pelimpahan barang bukti tersebut lantaran seluruh kendaraan terbukti merupakan hasil selundupan. Untuk kasus penyelundupan itu, ia menyerahkan kepada Bea dan Cukai.

"Akan tetapi untuk kasus STNK palsu masih terus diproses oleh kami," ujar Agung.

Baca juga: Puluhan Moge dan Mobil Mewah Ber-STNK Palsu Kendaraan Selundupan

Kepala Kanwil DJBC Jabar Saifulah Nasution mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu.

"Kita akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk temuan ini," ucapnya.
Polda Jabar Serahkan Kendaraan Mewah Selundupan ke Bea CukaiKapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto bersama Kepala Kanwil DJBC Jabar Saifulah Nasution. (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Subdit I Ditreskrimum Polda Jabar di bawah pimpinan Kasubdit I AKBP Budi Satria Gunawan sukses membongkar sindikat pemalsu STNK khusus moge dan mobil mewah. Dari pengungkapan ini, polisi mengamankan SJ, ED dan UR.

Atas perbuatannya para ketiga pelaku dijerat Pasal 236 KUHPidana dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun kurungan penjara.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed