DetikNews
Jumat 17 Maret 2017, 20:57 WIB

Siswi SMK di Surabaya ini Hilang Lebih dari Sebulan

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Siswi SMK di Surabaya ini Hilang Lebih dari Sebulan Beatrix Yuliana Astika (Foto: Ist)
Surabaya - Seorang siswi SMK di Surabaya sudah 35 hari menghilang. Pencarian yang dilakukan orang tuanya hingga sekarang belum membuahkan hasil. Siswi itu adalah Beatrix Yuliana Astika, siswi kelas XII SMK Katolik Mater Amabilis. Beatrix hilang sejak 10 Februari 2017.

Pagi itu, Beatrix diantarkan ayahnya, Adrianus Tjong, ke sekolahnya yang ada di Jalan Teratai. Adrianus selalu 'menitipkan' anaknya ke satpam sekolah. Ada alasan Adrianus 'menitipkan' anaknya ke satpam.

"Sebenarnya sebelum kejadian ini, anak saya juga pernah tidak pulang ke rumah," ujar Adrianus saat dihubungi detikcom, Jumat (17/3/2017).

Beatrix memang pernah tak pulang ke rumah. Itu terjadi pada 7 Januari 2017 lalu. Saat itu Beatrix mengaku sumpek dan bersama temannya ia nonton seusai pulang sekolah. Namun kemudian ia tak pulang ke rumah dan lebih memilih menginap di rumah temannya di kawasan Kedurus selama tiga hari.

Dengan adanya kejadian itu, Adrianus mulai hati-hati. Ia mengatakan ke pihak sekolah bahwa ia akan selalu 'menitipkan' anaknya ke satpam saat ia mengantarnya sekolah. Namun kejadian tersebut terulang. Pada hari itu, Adrianus menelepon pihak sekolah pada sore hari dan menanyakan kenapa anaknya belum pulang.

Adrianus menelepon karena ponsel Beatrix tak bisa dihubungi oleh ibunya saat siang harinya. Jawaban yang diterima Adrianus sungguh mengejutkan. Pihak sekolah mengatakan bahwa Beatrix justru tak masuk sekolah pada hari itu.

"Saya sebenarnya menyesalkan pihak sekolah. Bila pihak sekolah peduli, seharusnya menelepon saya dan menanyakan kenapa anak saya tak masuk sekolah," kata Adrianus.

Pencarianpun dilakukan dengan menghubungi dan mendatangi rumah teman-temannya. Tetapi hasilnya nihil. Pada 4 Maret 2017, salah seorang temannya mengunggah sebuah foto Beatrix dan dirinya. Beatrix dalam foto itu mengenakan jilbab. Namun pada akhirnya foto itu dihapus. Saat ditanyakan keberadaan Beatrix, semua temannya kompak menjawab tidak mengetahui keberadaannya.

"Ada laporan dari teman gereja bahwa dia melihat Beatrix sedang nongkrong bersama temannya di kawasan Kedurus. Tetapi saat saya tanyakan ke teman-temannya, mereka kompak menjawab tak tahu," keluh Adrian.

Adrian menambahkan, memang ada kecurigaan lain yakni kedekatan Beatrix dengan seseorang bernama Yunan Deniswara. Saat magang di Hotel Mercure, Beatrix dikatakan dekat dengan Yunan. Yunan juga pernah mengantarkan pulang Beatrix ke rumahnya di Kedurus. Adrian sendiri pernah bertemu dan berbincang dengan Yunan.

"Yunan ini sudah berumur (dewasa), sementara anak saya masih sekolah. Yunan sudah tak bekerja di (Hotel) Mercure. Kabarnya dia sekarang bekerja di Pasar Atum. Saya tak mencurigai dia, saya cuma ingin bertemu dan ingin menanyakan apakah dia tahu di mana anak saya," harap Adrian.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed