5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 17:57 WIB
A Ukrainian flag is seen on the position of Ukrainian forces in the village of Pervomayske near the eastern Ukrainian city of Donetsk on October 24, 2014. Ukraine wraps up campaigning on October 24 for a weekend vote that will dramatically reshape parliament after a year of upheavals, as the deadly conflict with pro-Russian rebels drags on into its seventh month. AFP PHOTO/ GENYA SAVILOV
Ilustrasi bendera Ukraina (Foto: AFP PHOTO/ GENYA SAVILOV)
Jakarta -

Beberapa pejabat senior Ukraina mengumumkan pengunduran diri mereka pada hari Selasa (24/1), menyusul skandal korupsi yang mengejutkan.

Laporan-laporan korupsi tersebut muncul pada akhir pekan lalu, seputar pembayaran gelap dan kontrak militer yang terlalu tinggi nilainya.

Dilansir media Euronews, Selasa (24/1/2023), Wakil Menteri Pertahanan Vyacheslav Shapovalov, Wakil Kepala Administrasi Kepresidenan Kyrylo Tymoshenko dan Wakil Jaksa Agung Oleksiy Simonenko termasuk di antara beberapa pejabat yang mundur dari jabatan mereka.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (24/1/2023):

- AS-Israel Latihan Militer Gabungan Terbesar, Beri Sinyal ke Iran!

Amerika Serikat (AS) dan Israel mulai menggelar latihan militer gabungan terbesar sejak Senin (23/1) waktu setempat. Latihan gabungan itu mengirimkan sinyal jelas kepada Iran dan menggarisbawahi kekuatan aliansi kedua negara.

Latihan gabungan itu digelar di tengah kekhawatiran soal susunan pemerintahan baru Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu, yang terdiri atas partai ultra-nasionalis dan ultra-agama.

Seperti dilansir CNN, Selasa (24/1/2023), latihan tembak langsung bernama Juniper Poak itu akan melibatkan 100 pesawat militer AS, yang mencakup jet tempur, pesawat pengebom dan pesawat pengisi bahan bakar. Pesawat militer AS itu akan mengudara bersama 41 pesawat militer Israel.

- Lagi-lagi di California, Penembakan Massal Tewaskan 7 Orang

Lagi-lagi penembakan massal terjadi di California, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas akibat penembakan fatal yang terjadi di dua lokasi terpisah di wilayah Half Moon Bay pada Senin (23/1) waktu setempat.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Selasa (24/1/2023), pelaku penembakan yang diidentifikasi berusia 67 tahun dan tinggal di kawasan Half Moon Bay, telah ditangkap polisi. Dilaporkan pelaku ditangkap setelah mengemudikan kendaraannya ke area parkir kantor polisi setempat.

Area Half Moon Bay diketahui berjarak 50 kilometer sebelah selatan San Francisco.

Presiden Dewan Pengawasan Distrik San Mateo, Dave Pine, menuturkan kepada CNN bahwa sedikitnya tujuh orang tewas dan satu orang lainnya mengalami luka kritis dalam penembakan yang terjadi di dua lokasi terpisah itu.

- Konyol! Pria Ini Mabuk-Tertidur Saat Merampok di Rumah Korban

Seorang pria berusia 41 tahun yang merampok sebuah rumah di Malaysia, memutuskan untuk meminum sedikit minuman keras (miras) yang ditemukannya di dalam rumah korban. Ternyata si perampok itu mabuk hingga tertidur dan ditemukan si pemilik rumah, yang kemudian melaporkannya kepada polisi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT