Kebakaran Mal Rusia Diduga Disengaja, 1 Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Kebakaran Mal Rusia Diduga Disengaja, 1 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 14:23 WIB
Ilustrasi kebakaran
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
Moskow -

Otoritas dinas urusan darurat Rusia mempertimbangkan 'aksi pembakaran' sebagai dugaan penyebab kebakaran hebat yang menghanguskan sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran Moskow. Sedikitnya satu orang dilaporkan tewas akibat kebakaran yang diwarnai suara ledakan tersebut.

"Tindakan yang disengaja, seperti aksi pembakaran, tengah dipertimbangkan (sebagai dugaan penyebab kebakaran)," sebut seorang sumber yang dikutip kantor berita Interfax dan dilansir AFP, Jumat (9/12/2022),

Laporan kantor berita Rusia lainnya, Sputnik, juga menyebut aksi pembakaran sebagai dugaan penyebabnya. Namun belum diketahui pihak-pihak yang mungkin bertanggung jawab atas kebakaran ini.

Laporan kantor berita lainnya yang mengutip sumber-sumber berbeda menyebut dugaan penyebab kebakaran adalah pelanggaran aturan keselamatan.

Sejauh ini, laporan media lokal menyebut sedikitnya satu orang tewas.

Pusat perbelanjaan Mega Khimki yang dilanda kebakaran ini terletak sekitar tujuh kilometer dari Bandara Sheremetyevo di Moskow. Lebih dari 70 petugas pemadam dan 20 unit truk pemadam dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi.

"Di wilayah Moskow, para petugas pemadam memadamkan kebakaran seluas 7.000 meter persegi," sebut Kementerian Situasi Darurat Rusia dalam pernyataan via Telegram.

Upaya pemadaman api dilaporkan terhambat oleh desain bangunan tersebut. "Akibat runtuhnya atap, api langsung menyebar ke area yang luas," sebut dinas urusan darurat wilayah Moskow dalam pernyataan terpisah.

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan kobaran api besar dan apa yang tampak seperti ledakan di lokasi kebakaran. Orang-orang juga terlihat melarikan diri dari gedung yang terbakar ke area parkir.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT