5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 18:18 WIB
FILE - A labourer uses headphones to talk on his mobile phone as the others prepare dinner at their accommodations in the old Musheireb district of Doha, Qatar, Sunday, April 28, 2019. With just days to go before Qatar hosts the World Cup, rights groups fear that a window for addressing the widespread exploitation of foreign workers could soon close. (AP Photo/Kamran Jebreili)
400-500 pekerja migran tewas selama persiapan Piala Dunia Qatar (Foto: (AP Photo/Kamran Jebreili))
Jakarta -

Pejabat tinggi Qatar yang mengurusi Piala Dunia 2022 mengakui lebih dari 400 pekerja migran tewas dalam berbagai kecelakaan kerja yang terjadi dalam proyek mempersiapkan pesta sepakbola dunia itu beberapa tahun sebelumnya. Ini menjadi pengakuan yang belum pernah disampaikan otoritas Qatar.

Seperti dilansir AFP, Rabu (30/11/2022), kepala komite penyelenggara untuk delivery dan legacy Qatar, Hassan Al-Thawadi, menyebut angka 400-500 pekerja migran dalam wawancara dengan televisi Inggris, saat ditanya berapa banyak pekerja yang tewas saat mengerjakan proyek untuk Piala Dunia'.

Komite penyelenggara menyebut jawaban Thawadi itu merujuk pada 'statistik nasional yang mencakup periode tahun 2014-2020 untuk semua kematian terkait pekerjaan' di Qatar yang 'mencakup semua sektor dan kewarganegaraan'.

Disebutkan bahwa tepatnya ada 414 pekerja yang tewas dalam periode waktu delapan tahun.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (30/11/2022):

- Pesawat Pengebom China-Rusia Menyusup, Korsel Kerahkan Jet Tempur!

Korea Selatan (Korsel) mengerahkan sejumlah jet tempurnya setelah mendeteksi pesawat-pesawat perang China dan Rusia terbang memasuki zona pertahanan udara di wilayahnya. Pesawat-pesawat asing itu menyusup ke zona pertahanan udara Korsel tanpa menyampaikan pemberitahuan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters dan kantor berita Yonhap, Rabu (30/11/2022), Kepala Staf Gabungan militer Korsel (JCS) melaporkan bahwa dua pesawat pengebom H-6 milik China berulang kali terbang ke dalam dan keluar dari Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) yang ada di lepas pantai selatan dan timur laut Korsel.

Aktivitas pesawat perang China itu terdeteksi pada Rabu (30/11) pagi, dari sekitar pukul 05.50 waktu setempat hingga pukul 06.13 waktu setempat.

Beberapa saat kemudian, atau sekitar pukul 06.44 waktu setempat, sebut JCS, pesawat-pesawat pengebom China itu kembali masuk ke KADIZ dari arah Laut Jepang atau Laut Timur. Kedua pesawat pengebom China terdeteksi keluar dari KADIZ pada pukul 07.07 waktu setempat.

- Pentagon: China Bisa Punya 1.500 Hulu Ledak Nuklir hingga 2035!

China diperkirakan akan memiliki pasokan 1.500 hulu ledak nuklir hingga tahun 2035 jika terus mengembangkan nuklir dengan kecepatan seperti saat ini. Situasi ini memicu kekhawatiran Amerika Serikat (AS) di tengah ketegangan kedua negara.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (30/11/2022), perkiraan itu disampaikan oleh Pentagon atau Departemen Pertahanan AS dalam laporan tahunan soal militer China yang dirilis Selasa (29/11) waktu setempat.

Laporan itu menggarisbawahi kekhawatiran AS soal niat China memperluas persenjataan nuklirnya, meskipun perkiraan tersebut tidak menunjukkan bahwa Beijing mempercepat laju pengembangan nuklirnya yang sudah cepat.

"Mereka melakukan pengembangan dengan cepat yang terlalu besar untuk dirahasiakan," sebut seorang pejabat pertahanan senior AS, yang enggan disebut namanya, dalam konferensi pers membahas laporan tersebut.

- Senat AS Loloskan RUU Lindungi Pernikahan Sejenis

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan rancangan undang-undang (RUU) yang melindungi pernikahan sesama jenis di negara tersebut. RUU ini diloloskan saat para anggota parlemen AS bertindak mencegah kemungkinan Mahkamah Agung, yang dikuasai hakim agung konservatif, merenggut hak itu seperti hak aborsi.

Simak Video 'Pengakuan Mengejutkan, Qatar Ungkap Kematian 400 Pekerja Piala Dunia':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT