400-500 Pekerja Migran Tewas Demi Piala Dunia Qatar

ADVERTISEMENT

400-500 Pekerja Migran Tewas Demi Piala Dunia Qatar

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 12:24 WIB
Doha -

Pejabat tinggi Qatar yang mengurusi Piala Dunia 2022 mengakui lebih dari 400 pekerja migran tewas dalam berbagai kecelakaan kerja yang terjadi dalam proyek mempersiapkan pesta sepakbola dunia itu beberapa tahun sebelumnya. Ini menjadi pengakuan yang belum pernah disampaikan otoritas Qatar.

Seperti dilansir AFP, Rabu (30/11/2022), kepala komite penyelenggara untuk delivery dan legacy Qatar, Hassan Al-Thawadi, menyebut angka 400-500 pekerja migran dalam wawancara dengan televisi Inggris, saat ditanya berapa banyak pekerja yang tewas saat mengerjakan proyek untuk Piala Dunia'.

Komite penyelenggara menyebut jawaban Thawadi itu merujuk pada 'statistik nasional yang mencakup periode tahun 2014-2020 untuk semua kematian terkait pekerjaan' di Qatar yang 'mencakup semua sektor dan kewarganegaraan'.

Disebutkan bahwa tepatnya ada 414 pekerja yang tewas dalam periode waktu delapan tahun.

Pekerja migran mencapai lebih dari 2,5 juta orang, dari total 2,9 juta jiwa populasi Qatar dan kondisi tenaga kerja di negara itu menuai kritikan keras -- terutama pada proyek-proyek konstruksi besar yang mengubah negara Teluk kecil itu dalam satu dekade terakhir.

Qatar tidak pernah memberikan angka pasti soal jumlah kematian pekerja asing, meski pun telah membantah klaim kelompok-kelompok HAM yang menyebut ribuan pekerja tewas.

Otoritas Qatar bersikeras menyatakan hanya 37 pekerja yang tewas saat menjalankan proyek Piala Dunia -- dan hanya tiga kematian terkait kecelakaan kerja. Thawadi menegaskan kembali angka ini dalam wawancara dengan televisi Inggris.

"Satu kematian adalah kematian yang terlalu banyak. Jelas dan sederhana," sebutnya.

Lihat juga Video: Rashford Dedikasikan 2 Golnya untuk Kawan yang Meninggal Lawan Kanker

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT