Taliban Pakistan Klaim Bom Bunuh Diri Tewaskan 3 Orang-Lukai Puluhan

ADVERTISEMENT

Taliban Pakistan Klaim Bom Bunuh Diri Tewaskan 3 Orang-Lukai Puluhan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 14:33 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: AFP)
Jakarta -

Tiga orang tewas dan 23 lainnya luka-luka pada Rabu (30/11) ketika seorang pembom bunuh diri menargetkan sebuah truk polisi di Pakistan. Serangan di kota Quetta ini diklaim oleh kelompok militan Taliban Pakistan.

Pejabat polisi senior Azhar Mehesar mengatakan kepada AFP, Rabu (30/11/2022), ledakan itu menargetkan tim polisi yang bersiap untuk mengawal petugas pemberi vaksin polio di kota Quetta dan mereka yang tewas "termasuk seorang polisi, seorang wanita dan seorang anak".

Dalam sebuah pernyataan kepada AFP, Taliban Pakistan atau dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengaku bertanggung jawab atas "serangan syahid".

Kelompok militan di Pakistan sering mengincar tim vaksinasi polio, dengan keyakinan bahwa upaya imunisasi adalah alat Barat untuk memata-matai mereka.

Sebelumnya pada hari Senin (28/11), TTP telah mengumumkan berakhirnya gencatan senjata yang disepakati dengan pemerintah pada bulan Juni lalu. TTP pun mengeluarkan perintah kepada para anggotanya untuk melakukan serangan di seluruh negeri.

"Operasi militer sedang berlangsung terhadap mujahidin di berbagai wilayah, jadi sangat penting bagi Anda untuk melakukan serangan di mana pun Anda bisa di seluruh negeri," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada Senin (28/11) seperti dilansir Al-Jazeera.

Kelompok itu, yang secara ideologis bersekutu dengan Taliban Afghanistan, mengatakan pihaknya menghadapi peningkatan jumlah serangan oleh militer Pakistan, khususnya di distrik Lakki Marwat di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, di barat laut Pakistan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT