Sekutu Putin Mundur sebagai Kepala Badan Audit Rusia, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

Sekutu Putin Mundur sebagai Kepala Badan Audit Rusia, Ada Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 16:47 WIB
Russias Accounts Chamber Chairman Alexei Kudrin attends a session of the St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) in Saint Petersburg, Russia June 17, 2022. REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo
Alexei Kudrin (REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo)
Moskow -

Alexei Kudrin, sekutu lama Presiden Rusia Vladimir Putin, mengundurkan diri dari jabatan kepala badan audit Rusia. Pengunduran diri itu diumumkan di tengah laporan Kudrin akan ditugaskan mengawasi rekonstruksi raksasa teknologi Yandex menyusul sanksi untuk Moskow terkait invasi ke Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2022), Kudrin yang mantan Menteri Keuangan Rusia ini memiliki reputasi sebagai ekonom liberal di Moskow dan telah berkecimpung dalam politik Rusia sejak tahun 1990-an.

Dalam pernyataannya pada Selasa (29/11) waktu setempat, Kudrin yang berusia 62 tahun menuturkan dirinya 'meninggalkan jabatan Ketua Kamar Audit' setelah 'sekitar 25 tahun di sektor publik'.

"Sekarang saya ingin fokus pada proyek-proyek besar yang berkaitan dengan pengembangan inisiatif swasta dalam arti yang luas, tapi pada saat yang sama memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat," jelas Kudrin dalam pernyataannya.

Jabatan Ketua Kamar Audit Rusia telah dipegang Kudrin sejak tahun 2018, saat dia ditunjuk usai Putin terpilih kembali memimpin Kremlin untuk periode keempat.

Pekan lalu, kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa Kudrin akan diberi jabatan senior di Yandex sebelum tahun baru. "Keputusan telah diambil," sebut seorang sumber yang dikutip TASS dalam laporannya.

Yandex yang sering disebut sebagai 'Google Rusia' memiliki mesin pencari di internet, juga menyediakan jasa taksi dan pengantaran makanan besar di Rusia.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT