Kekerasan Meningkat, Paus Fransiskus Serukan Israel-Palestina Berdialog

ADVERTISEMENT

Kekerasan Meningkat, Paus Fransiskus Serukan Israel-Palestina Berdialog

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 14:11 WIB
Pope Francis recites the Angelus noon prayer from the window of his studio overlooking St.Peters Square, at the Vatican, Sunday, July 3, 2022. (AP Photo/Andrew Medichini)
Paus Fransiskus (dok. AP Photo/Andrew Medichini)
Vatican City -

Paus Fransiskus menyerukan agar otoritas Israel dan Palestina melakukan usaha lebih besar dalam mengupayakan dialog, menyusul semakin meningkatnya gelombang kekerasan di kedua wilayah. Rentetan ledakan bom mengguncang Yerusalem dan bentrokan berdarah terjadi di Tepi Barat beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/11/2022), seruan itu disampaikan Paus Fransiskus saat berbicara di hadapan puluhan ribu orang di Alun-alun St Peter saat pemberkatan hari Minggu (27/11) waktu setempat.

Disebutkan Paus Fransiskus bahwa tindak kekerasan 'membunuh masa depan' baik untuk Israel mau pun Palestina.

Diketahui bahwa dua ledakan bom yang mengguncang sebuah halte bus di pinggiran Yerusalem pada Rabu (23/11) lalu menewaskan seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun dan melukai 14 orang lainnya, dalam apa yang disebut sebagai serangan oleh militan Palestina.

Seorang pria berusia 50 tahun meninggal dunia akibat luka-luka pada Sabtu (26/11) waktu setempat.

Sementara pada Selasa (22/11) malam pekan lalu, seorang remaja Palestina berusia 16 tahun ditembak mati tentara Israel dalam bentrokan di Nablus, Tepi Barat. Disebutkan otoritas kesehatan Palestina bahwa remaja itu tewas setelah 'peluru menembus jantungnya' yang ditembakkan oleh tentara Israel.

Satu warga Palestina lainnya dilaporkan dalam kondisi 'kritis', sedangkan tiga orang lainnya menjalani perawatan medis di rumah sakit akibat bentrokan itu.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT