Terungkap Identitas Putri Kim Jong Un yang Muncul saat Peluncuran Rudal

ADVERTISEMENT

Terungkap Identitas Putri Kim Jong Un yang Muncul saat Peluncuran Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 06:12 WIB
Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik.
Kim Jong Un dan putrinya (Foto: KCNA via REUTERS)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un membawa putrinya tampil ke publik untuk pertama kali pekan lalu. Identitas putri Kim Jong Un itu kini terungkap.

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) menyebut putri Kim Jong Un yang muncul ke publik saat peluncuran rudal pekan lalu merupakan anak keduanya. Informasi ini disampaikan di tengah berbagai spekulasi soal motif Kim Jong Un membawa anaknya ke publik untuk pertama kali.

Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu (19/11/2022) lalu merilis foto-foto Kim Jong Un sedang mengawasi peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 bersama istrinya Ri Sol Ju dan seorang anak perempuan, yang disebut sebagai 'putri tercinta'.

Salah satu foto menunjukkan Kim Jong Un berjalan sambil menggandeng tangan anak perempuan itu. Tampak ada sebuah rudal raksasa yang menjadi latar belakangnya. Dalam foto lainnya, tampak Kim Jong Un dan putrinya mengamati rudal raksasa sambil memunggungi kamera.

Dilansir Associated Press, Selasa (22/11/2022), Dinas Intelijen Nasional (NIS) Korsel menyampaikan informasi soal putri Kim Jong Un itu kepada para anggota parlemen dalam rapat tertutup. Berdasarkan penilaian intelijen, putri Kim Jong Un yang muncul bersama pekan lalu itu merupakan anak keduanya yang bernama Ju Ae dan berusia 10 tahun.

Salah satu anggota parlemen Korsel, Yoo Sang-bum, yang menghadiri rapat tertutup itu mengungkapkan informasi NIS tersebut kepada wartawan setempat.

"NIS telah mengonfirmasi bahwa mereka meyakini anak perempuan yang menemani Kim selama peluncuran ICBM adalah anak keduanya, Kim Ju-ae," ujar Yoo yang merupakan anggota parlemen dari Partai Kekuatan Rakyat yang kini berkuasa di Korsel.

Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik.Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik. Foto: KCNA via REUTERS

"Ada sejumlah kecurigaan karena dia agak besar untuk seorang anak berusia 10 tahun, tapi NIS mengonfirmasi bahwa mereka menetapkan dia adalah Kim Ju-ae karena informasi intelijen yang sudah ada menyatakan bahwa dia tinggi dan besar," tutur Yoo.

Korut sendiri tidak pernah mengonfirmasi keberadaan anak-anak Kim Jong Un. Intelijen Korsel bahkan berspekulasi bahwa Kim Jong Un dan istrinya menikah tahun 2009, kemudian memiliki tiga anak yang lahir tahun 2010, 2013 dan 2017.

Ketiga anak Kim Jong Un itu terdiri atas dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Sementara, sejumlah laporan lainnya menyebut anak pertama Kim Jong Un berjenis kelamin laki-laki dan anak bungsunya berjenis kelamin perempuan.

Menurut Yoo, NIS menilai kemunculan salah satu anak Kim Jong Un ke publik untuk pertama kalinya itu menjadi wujud komitmen Korut untuk keamanan generasi mendatang.

Anggota parlemen Korsel lainnya, Youn Kun Young, yang juga menghadiri rapat tertutup dengan NIS menyatakan dirinya mendapatkan briefing kalau anak perempuan yang muncul ke publik itu merupakan anak kedua Kim Jong Un. Namun, Youn menolak untuk memberi penjelasan lebih lanjut.

Sementara, NIS enggan mengonfirmasi pernyataan kedua anggota parlemen Korsel itu. NIS tidak mengonfirmasi mau pun menyangkal informasi yang diungkapkannya dalam rapat tertutup dengan parlemen.

Lihat juga video 'Penampakan Rudal Antarbenua Korut yang Bisa Jangkau Wilayah AS':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT